Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

KRISIS ROHINGYA
Selasa, 06 Maret 2018 19:23 WIB

PBB: Pembersihan Etnis Rohingya Myanmar Berlanjut


Lebih dari 700 ribu Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar sejak Agustus 2017, melintasi perbatasan Bangladesh dimana mereka sekarang tinggal di kamp-kamp pengungsi penuh sesak. (AFP)

Bisnisnews.id - Myanmar melanjutkan pembersihan etnis Rohingya lewat sebuah kampanye teror dan pemaksaan kelaparan di Rakhine, menurut utusan hak asasi manusia PBB yang mengatakan pada hari Selasa 6 Maret, enam bulan setelah tindakan keras militer memicu eksodus massal minoritas Muslim.

Sekitar 700.000 orang Rohingya telah melarikan diri dari perbatasan ke Bangladesh sejak k bulan Agustus, memberi kesaksian mengerikan tentang pembunuhan, pemerkosaan dan pembakaran oleh tentara dan gerombolan yang main hakim sendiri.

Sementara sebagian besar pengungsi tersebut melarikan diri dari Myanmar tahun lalu, Rohingya terus menyusuri perbatasan ratusan kali setiap minggu.

"Pembersihan etnik Rohingya Myanmar terus berlanjut. Saya tidak berpikir kita bisa menarik kesimpulan lain dari apa yang telah saya lihat dan dengar di Cox's Bazar," Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Hak Asasi Manusia, Andrew Gilmour mengatakan setelah berbicara dengan pengungsi yang baru tiba di kamp Bangladesh yang sesak.

"Sifat kekerasan telah berubah dari pertumpahan darah dan pemerkosaan massal tahun lalu ke kampanye teror yang intensitasnya lebih rendah dan kelaparan paksa yang tampaknya dirancang untuk mengusir Rohingya yang tersisa ke Bangladesh," katanya dikutip dari AFP.

Ia menambahkan bahwa pendatang baru sedang melakukan perjalanan dari kota-kota di Rakhine bagian lebih dalam. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya