Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

KTT KOREA
Selasa, 06 Maret 2018 22:41 WIB

Dua Pemimpin Korea Bertemu Bahas Denuklirisasi


Kim bertemu dengan pejabat senior Korea Selatan untuk melakukan perjalanan ke Korea Utara (AFP)

Bisnisnews.id - Para pemimpin Korea Utara dan Selatan dijadwalkan bertemu pada KTT bulan depan, kata utusan dari Seoul.

Ini akan menjadi pertemuan pertama selama lebih dari satu dekade dan yang pertama sejak Kim Jong-un mengambil alih kekuasaan di Korea Utara.

Utusan tersebut juga mengatakan bahwa Kim bersedia untuk membahas pelepasan senjata nuklir, namun hanya jika keamanan negaranya dapat dijamin.

Dalam program sebelumnya untuk menghentikan ambisi nuklirnya, Korut telah gagal memenuhi janjinya.

Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in akan bertemu di perbatasan bulan depan, yaitu di desa gencatan senjata Panmunjom. Kedua negara juga sepakat untuk membuka hotline di antara para pemimpin.

Setelah kembali dari perjalanan Pyongyang, pejabat Korea Selatan mengatakan Kim mengatakan bahwa tidak akan ada tes rudal saat diplomasi berlanjut.

Amerika Serikat telah mengatakan bahwa pembicaraan dengan Korea Utara hanya akan berlanjut jika bersedia untuk membahas denuklirisasi.

AS telah mengatakan bahwa pihaknya sangat optimis untuk memperbaiki hubungan Utara-Selatan, namun mengesampingkan perundingan formal dengan Pyongyang kecuali jika Korut siap melepaskan senjata nuklirnya.

"Dunia sedang menonton dan menunggu!" Presiden Trump men-tweet.

"Mungkin harapan palsu, tapi AS siap untuk melaju keras ke arah manapun!"

Sepanjang Olimpiade, Korea Utara dan Selatan cukup ramah, mengirim atlet untuk bersaing dalam tim gabungan dan mengadakan pembicaraan.

Dilansir BBC, AS mengungkapkan bahwa usaha Korea Utara untuk pendekatan ulang akan berbobot sedikit bila tanpa komitmen pada senjata nuklir, terutama setelah uji coba rudal dan rudal tahun lalu yang dilakukan oleh Korea Utara. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya