Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

PEMBUNUHAN
Rabu, 07 Maret 2018 17:07 WIB

AS Simpulkan Korut Bunuh Kim Jong Nam


AS menyimpulkan secara resmi bahwa Korea Utara yang membunuh saudara tiri Kim Jong Un dengan agen saraf VX. (AFP)

Bisnisnews.id - Amerika Serikat secara resmi menyimpulkan pada hari Selasa (6/3) bahwa Korea Utara membunuh saudara tiri Kim Jong Un dengan senjata kimia yang dilarang, cairan saraf VX.

Kim Jong Nam meninggal pada Februari tahun lalu, tak lama setelah dua wanita menyemprotkan wajahnya dengan cairan saat ia berjalan melalui bandara Kuala Lumpur.

Pembunuhan siang hari itu mengeluarkan gelombang kejutan diplomatik dan kecaman yang meluas terhadap Korea Utara.

Kedua wanita tersebut, seorang warga negara Indonesia dan Vietnam, saat ini diadili di Malaysia karena dituduh menggunakan agen saraf VX untuk membunuh Kim Jong Nam, yang dipandang sebagai saingan potensial bagi Kim Jong Un.

Kedua wanita tersebut mengatakan bahwa mereka direkrut untuk mengambil bagian dalam apa yang mereka anggap sebagai acara TV tapi malah ditipu menjadi pembunuh yang tidak disengaja, dalam sebuah plot rumit oleh sekelompok agen Korea Utara yang kemudian melarikan diri dari Malaysia.

Pada hari Selasa, Washington mengumumkan bahwa secara resmi telah menyimpulkan bahwa VX digunakan untuk melakukan pembunuhan dan Korea Utara harus disalahkan.

"Pemerintah Korea Utara menggunakan VX untuk membunuh Kim Jong Nam, di bandara Kuala Lumpur," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP.

"Ini penghinaan publik terhadap norma-norma universal terhadap penggunaan senjata kimia yang menunjukkan sifat ceroboh Korea Utara dan menggarisbawahi bahwa kita tidak dapat mentoleransi program Korea Utara dalam bentuk apa pun," tambahnya.

Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian atau bukti bagaimana AS sampai pada kesimpulan mereka. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya