Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

POLUSI
Rabu, 07 Maret 2018 19:29 WIB

Bali Bertarung Perangi Sampah Plastik


Pantai Kuta Bali memiliki banyak sampah di pantainya (Getty Images)

Bisnisnews.id - Sebuah video dari seorang penyelam Inggris berenang melalui kumpulan sampah di lepas pantai Bali telah menunjukkan luasnya sampah plastik yang mengambang di perairan Indonesia.

Rekaman yang diambil awal pekan ini oleh Rich Horner menunjukkan dia berenang di Manta Point, sebuah tempat menyelam yang terkenal sekitar 20 km dari Bali.

Horner yang juga residen di Bali mengatakan bahwa hal itu mengerikan dan dia tidak pernah melihat dalam skala ini sebelumnya.

Bali berada di tengah arus yang mengalir dari Samudra Pasifik ke Samudra Hindia melalui selat Indonesia.

Ini berarti plastik bisa jadi sampah lokal atau terbawa sejauh Samudera Pasifik.

"Plastik yang saya lihat terutama berlabel Indonesia tapi karena arusnya bisa datang dari manapun di Indonesia, Filipina, Malaysia atau di luar," kata Horner.

Ini juga berarti plastik itu bisa hanyut dalam hitungan beberapa jam atau hari, semuanya tergantung arus.

Awal tahun lalu, pejabat di Bali mendeklarasikan keadaan darurat sampah di sepanjang pantai sepanjang 6km, mengerahkan 700 pembersih dan 35 truk. Dalam beberapa hari mereka mengumpulkan hingga 100 ton sampah.

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia dalam sebuah pernyataan mengungkapkan kesedihan atas tumpukan sampah di Manta Point, mengatakan bahwa Indonesia harus membuat lautan sebagai teras depan, bukan halaman belakang.

Indonesia saat ini merupakan pencemar plastik terbesar kedua di dunia sesudah China.

Dilansir BBC, dikatakan bahwa pemerintah bertujuan untuk mengurangi sampah plastik laut sebesar 70 persen pada tahun 2025, namun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya