Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

OBLIGASI
Kamis, 08 Maret 2018 12:45 WIB

PT AP II Raih Predikat AAA Dari Pefindo



Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II  dan Obligasi I/2016 meraih rating AAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

Rating yang berlaku 1 Maret 2018 hingga 1 Maret 2019 merupakan predikat  tertinggi yang diberikan
Pefindo  dengan melihat kemampuan perseroan untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan  peringkat tertinggi itu  menunjukan perseroan memiliki fundamental kuat dan obligasi yang diterbitkan dapat dipercaya investor.

“Rating AAA dan stabil menunjukkan bahwa bisnis yang dijalankan perseroan memiliki prospek yang bagus hal ini tampak dari laporan keuangan audited perusahaan pada akhir 2017 lalu,” jelas Awaluddin.

Pada laporan keuangan per 31 Desember 2017 yang telah diaudit tercatat pendapatan AP II mencapai Rp 8,1 triliun atau meningkat sekitar 18% dibandingkan dengan pendapatan 2016 sebesar Rp 6,6 triliun. Adapun laba usaha perusahaan tercatat sebesar Rp 2,7 triliun atau mengalami kenaikan sekitar 29% dari laba usaha 2016 sebesar Rp 2,1 triliun.

“Pencapaian ini menunjukkan kerja keras insan Angkasa Pura II yang telah memberikan kontribusi terbaiknya untuk meningkatkan pendapatan perusahaan melalui inovasi yang diciptakan dan digitalisasi airport yang diterapkan di bandara-bandaranya,” terang Awaluddin.

Angkasa Pura II, ungkapnya, harus bekerja keras mempertahankan peringkat yang sudah diraih ini. Peringkat ini bisa diturunkan jika Pefindo melihat pengurangan dukungan pemerintah, seperti melalui divestasi material kepemilikan pemerintah serta adanya utang yang lebih dari yang diproyeksikan atau investasi baru yang tidak berjalan dengan baik, sehinggga,  profil keuangan lemah, terutama jika rasio utang terhadap EBITDA melebihi 4,5x secara konsisten.

Tahun ini, Angkasa Pura II menggelontorkan belanja modal senilai Rp 18,8 triliun  untuk pengembangan sejumlah bandara dan memperkuat infrastruktur digital guna memaksimalkan kinerja 15 bandara.

Mulai dari  bidang pelayanan kepada penumpang pesawat atau pengguna jasa maupun terkait proses bisnis secara keseluruhan untuk meraih  pendapatan secara optimal.

Program atrategis lainnya yang diusung tahun ini dengan tema 'Airports Grow Faster ' 2018  Angkasa Pura II mencanangkan tiga  program utama. Yaitu Accelerated Revenue Growth untuk mengakselerasi target pertumbuhan pendapatan (revenue) sebesar double digit yaitu mencapai lebih dari mencapai Rp 9.7 triliun.

Kemudian program On Becoming 1 Million Aircraft Movements dan Implementasi Airport Digital Journey Experience di seluruh bandara Angkasa Pura II. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya