Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

DIGITALISASI
Kamis, 08 Maret 2018 22:32 WIB

Singapura Guyur Industri Maritim 100 Juta Dolar



Bisnisnews.id - Otorita Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) akan memompa 100 juta Singapur dolar ke Maritime Cluster Fund (MCF) untuk membantu uji industri dan merangkul teknologi baru, serta mempersiapkan SDM maritim yang digital dan otomatis di masa depan.
 
Menteri Transportasi Lam Pin Min mengatakan pada hari Rabu (7/3) bahwa MCF diharapkan dapat mendukung sekitar 30 proyek baru dan menguntungkan 5.000 orang setiap tahunnya. Penyuntikan dana oleh MPA akan mengangkat total investasi di MCF sejak 2007 menjadi 285 juta Singapura dolar.
 
Lam, yang juga Menteri Kesehatan, menambahkan bahwa Program Transformasi Maritim (MTP) yang akan diluncurkan beberapa bulan ke depan akan menggandeng investasi dari mitra industri yaitu pengembangan teknologi untuk aplikasi industri.
 
Otomasi dan digitalisasi pada khususnya, telah diidentifikasi sebagai pendorong pertumbuhan utama maritim Singapura melalui peningkatan konektivitas, produktivitas dan inovasi.
 
Singapura mengalami pertumbuhan kuat tahun lalu, terlepas dari persaingan ketat pelabuhan-pelabuhan tetangga di Malaysia dan Asia yang lebih besar. Volume kargo yang ditangani tumbuh 8,9 persen menjadi 33,7 juta TEUs tahun lalu.
 
Namun kepala eksekutif MPA Andrew Tan mengatakan Singapura perlu terus meningkatkan proposisi nilainya dengan memperkuat konektivitasnya, membangun ekosistem inovasi yang dinamis, dan mengembangkan angkatan kerja maritim yang siap siaga dan terampil.
 
Digitalisasi telah mengubah jalur transportasi dan pasokan global, mengaburkan batas antara industri perkapalan dan logistik serta memaksa perusahaan untuk memikirkan kembali cara melakukan bisnis, kata Menteri Lam.
 
MTP bertujuan untuk membantu industri ini tetap berada di depan dengan memperdalam kemampuan litbang Singapura di empat bidang:
- Menjadi pelabuhan generasi berikutnya (NGP) sekelas dunia
- Mengoperasikan kapal otonom yang cerdas dan operasi maritim
- Mengelola ruang laut dan lalu lintas maritim secara strategis
- Memastikan keamanan maritim yang efektif.
 
Data pelabuhan dan kapal akan dibuka
Selain MTP, Lam mengatakan MPA akan mendirikan Singapore Maritime Data Hub baru untuk memacu inovasi di industri ini. Sebagai permulaan, hub akan menyediakan akses real-time publik ke data pelabuhan, kapal terkait dan kumpulan data lainnya.
 
Contoh data awal termasuk informasi kapal, kedatangan kapal dan waktu keberangkatan serta posisi dan pergerakan kapal, dan ini akan tersedia pada kuartal ketiga tahun ini, kata MPA.
 
MPA juga akan mengintegrasikan Singapore Maritime Data Hub dengan platform perdagangan nasional dan sistem industri pemerintah lainnya.
 
"Dengan kaya sumber informasi, siapapun dapat menganalisis atau bahkan menambahkan data yang ada dengan data mereka sendiri, membuka kemungkinan pengembangan aplikasi, layanan dan produk baru," kata Lam dikutip dari pemberitaan The Business Times. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya