Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

EKONOMI GLOBAL
Jumat, 09 Maret 2018 12:29 WIB

Tanpa AS, 11 Negara Asia Pasifik Tandatangani Kesepakatan Perdagangan


Para menteri perdagangan dan delegasi dari 11 anggota memulai pakta perdagangan mereka tanpa Amerika Serikat. (AFP)

Bisnisnews.id - Sebelas negara menandatangani perjanjian perdagangan Kemitraan Trans Pasifik (TPP) pada hari Kamis (8/2), bergerak ke tarif yang lebih rendah setelah AS menarik diri dari kesepakatan tersebut.

TPP (Trans Pacific Partnership) yang mewakili 40 persen ekonomi global ditinggalkanTrump yang mengikuti agenda "America First" -nya.

Kesepakatan yang dirubah, sekarang dikenal sebagai Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), merupakan pencapaian signifikan dan kemenangan untuk keterbukaan, kata para pendukungnya pada saat penandatanganan di Santiago, Cile.

"Kami bangga telah menyelesaikan proses ini, menyampaikan pesan kepada masyarakat internasional bahwa membuka pasar, integrasi ekonomi dan kerjasama internasional adalah alat terbaik untuk menciptakan peluang ekonomi dan kemakmuran," kata Presiden Chili Michelle Bachelet.

Pakta tersebut mencakup Australia, Brunei, Kanada, Cile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam, mewakili 13,5 persen dari ekonomi global.

Ke-11 negara tersebut membentuk pasar 500 juta orang, lebih besar dari Uni Eropa.

Dilansir AFP, mantan presiden pemerintahan Barack Obama mendorong TPP sebagai penyeimbang atas kekuatan komersial China. Ini tidak hanya pemangkasan tarif tapi anggota juga wajib mematuhi standar peraturan tingkat tinggi di bidang-bidang seperti hukum perburuhan dan perlindungan lingkungan. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya