Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

KESELAMATAN OENERBANGAN
Jumat, 09 Maret 2018 13:43 WIB

Dirjen Agus: Kinerja Navigasi Indonesia Sudah Sangat Cemerlang


ilustrasi, Patugas Air Traffic Control (ATC) saat memandu dan mengatur take off dan landing pesawat di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, performa navigasi penerbangan Indonesia sudah cemerlang, berada di atas rata-rata global. Air Traffic Controller (ATC) Indonesia selama ini sudah melaksanakan pekerjaannya dengan sangat baik.

Dia mencontohkan, hasil audit ICAO tahun 2017, compliance score untuk kategori Air Navigation Services meningkat luar biasa. Jika tahun tahun 2016 hahya memperoleh skor sebesar 56 persen, pada tahun 2017 menjadi 86 persen atau berada di atas rata–rata global dunia 60,7 persen.

ATC Indonesia, tuturnya, juga turut mendukung keselamatan penerbangan sehingga pada tahun 2017 lalu tidak terdapat kecelakaan penerbangan yang menelan korban jiwa (zerro accident), jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya yang masih ada kecelakaan yang menelan korban jiwa.

"Ini membuktikan bahwa sinergitas antarpemangku kepentingan penerbangan berjalan dengan baik. Dan tentunya, di dalam pencapaian Indonesia tersebut peranan ATC sangat besar," jelasnya, Jumat (9/3/2018).


Pencapaian cukup baik itu, ungkapnya bukan hanya pada satu kategori Air Navigation Services saja, tetapi juga termasuk beberapa kategori lain yang pencapaiannya sangat baik.

Di sisi lain, Agus juga minta seluruh personel Air Traffic Controller Indonesia untuk tetap berupaya meningkatkan profesionalitas dan kompetensinya dengan selalu melakukan updating terhadap pengetahuan dan pola komunikasi.

"Profesi ATC sangat penting dan berpengaruh pada operasional penerbangan. Kesalahan sedikit saja pada operasional kerja bisa berdampak luar biasa," kata dia. (Adhitio)

 

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya