Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

KUNJUNGAN KENEGARAAN
Jumat, 09 Maret 2018 19:33 WIB

Pangeran Muhammed Menemui Uskup Besar Anglikan di London


Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, (Saudi Press Agency/Handout via)

Bisnisnews.id -  Pemerintahan kerajaan Arab Saudi  melakukan terobosan politik dan pertama dilakukan oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman.

Dalam kunjungannya ke Inggris, Putra Mahkota  melakukan sejumlah pertemuan dengan tokoh politik dan agama. Tokoh agama paling penting dan berpengaruh yang  ditemui Muhammed dalam kunjungan hari kedua di Inggris itu ialah Justin Welby,  uskup besar dari komuni Gereja Anglikan yang berjumlah jutaan di seluruh dunia.

Muhammed diterima uskup di Istana Lambeth di pusat London, di mana kedua figur saling berbincang selama satu jam.

"Putra Mahkota membuat komitmen kuat untuk mengenalkan tradisi perbedaan yang tumbuh dengan maju, serta dialog antar keyakinan dengan kerajaan dan seterusnya," tulis pernyataan dari Istana Lambeth, dikutip dari Arabnews.com.

Dua petinggi dari Kedutaan Arab Saudi di Inggris dan Kementerian Luar Negeri Inggris menyebutkan pada kesempatan itu, Muhammed juga mengundang uskup Gereja Anglikan untuk mengunjungi Arab Saudi, ujar

Pertemuannya itu merupakan bagian dari kunjungan hari ke dua  ke Inggris, Kamis (8/3/2018) yang pada hari pertama telah menemui Ratu Elizabeth II  sambil makan siang dan Perdana Menteri Inggris, Theresa May, Mohammed sertapara anggota parlemen dan para menteri.

Awal pekan ini, Mohammed bertemu Paus Koptik Tawadros di gereja terbesar di Kairo dan mengundang warga Kristiani di negara itu untuk berkunjung ke Arab Saudi.

Dalam suatu wawancara, Mohammed ingin mengembalikan Arab Saudi pada Islam moderat yang terbuka pada dunia dan toleran pada semua keyakinan.

Mohammed dan uskup Gereja Anglikan menyaksikan tulisan awal dari Kristiani, Muslim, dan Yahudi, termasuk bagian Alquran yang ditemukan di perpustakaan Universitas Birmingham pada 2015, yang diperkirakan menjadi salah satu yang tertua di dunia.

"Uskup besar berbagi perhatiannya tentang tempat beribadah Kristiani yang terbatas di Arab Saudi, dan menekankan pentingnya bagi para pemimpin agama untuk mendukung kebebasan beragama atau berkeyakinan, berdasar pengalaman di Inggris," tulis satu pernyataan.

Welby juga menyerukan keprihatinannya pada situasi kemanusiaan di Yaman, di mana kelompok milisi Houthi menyerang pemerintahan resmi pada tahun 2014 yang menyebabkan konflik.

Arab Saudi memimpin koalisi guna mendukung pasukan yang loyal terhadap presiden, melawan militan dan sekutunya.

Pada Rabu malam, Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, mengatakan, Iran memainkan peran yang merusak dan berbahaya di Yaman serta mengacaukan kestabilan kawasan.

Berbicara dalam konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, ia mengatakan, sudah ada perjanjian Inggris-Saudi untuk mengendalikan pelayaran pada rencana pembukaan pelabuhan di Yaman.

Al-Jubeir mengatakan, negaranya sepakat dengan Inggris untuk menggentarkan Iran dan menghentikan dukungannya kepada kelompok teroris.

"Kami mendukung proses transisi dan dialog politik di Yaman. Perang di sana membebani kita," katanya menambahkan.

Ia menuding bahwa Houti telah menolak segala upaya untuk mencapai solusi politik di Yaman.

Al-Jubeir menegaskan, negaranya tetap melanjutkan bantuan kemanusiaan kepada Yaman usai perang.

Kemarin, Mohammed juga bertemu Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond, dan mendiskusikan cara-cara untuk meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara sebagaimana meningkatnya kemungkinan peluang dari implementasi Visi 2030 untuk menggeser ekonomi Arab Saudi dari minyak.(Ari)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya