Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

THROUGHPUT
Selasa, 13 Maret 2018 23:28 WIB

Ditjen Hubla Apresiasi Kinerja Pelayanan NPCT1



Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengapresiasi pencapaian New Priok Container Terminal (NPCT) 1 yang berhasil mendapatkan akumulasi throughput 1 juta TEUs (Twenty Feet Equivalent Units) sejak mulai operasi Agustus 2016 lalu.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ditjen Perhubungan Laut,  Junaidi mengatakan, pemerintah berharap  pencapaian tersebut mampu menggenjot  peningkatan level of service sehingga dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna jasa transportasi laut.

Junaidi mengatakan bahwa kecepatan pelayanan serta fasilitas seperti dermaga dan peralatan bongkar muat yang mendukung akan dapat meningkatkan produktivitas yang harus dipertahankan agar Pelabuhan Tanjung Priok menjadi kompetitif menuju kelas dunia.

Adapun kemarin (12/3) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Junaidi ikut hadir mewakili Dirjen Perhubungan Laut dalam acara pencapaian 1 juta TEUS oleh NPCT1 bersama, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Arif Toha, jajaran Direksi PT. Pelindo II dan perwakilan asosiasi di sektor transportasi laut.

"Tercapainya throughput satu juta TEUs, juga didukung oleh kesiapan operasional terminal petikemas. Baik dari sisi infrastruktur, suprastruktur maupun sistem informasi. Juga sinkronisasi proses pelayanan antara terminal dengan instansi terkait. Ini harus ditingkatkan agar dapat mempelancar arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian negara," kata Junaidi Selasa (13/3/2018) di Jakarta.

Dia menilai NPCT1  telah membuktikan  Implementasi keamanan di Terminal sesuai International Ship and Port Facilities Security (ISPS) Code dengan baik. Junaidi juga meminta NPCT1 tetap memperhatikan aspek keselamatan Kapal termasuk sistem pemuatan kontainer dan aspek stabilitas kapal.

Untuk lebih meningkatkan produktifitas dan kecepatan pelayanan kapal dan pelayanan Kontainer diminta kepada manajemen NPCT1 dan pelaku usaha, asosiasi dan stakeholder terkait untuk menggunakan dan menerapkan Aplikasi sistem Inaportnet  V2 yang telah diujicoba termasuk Delivery Order online sehingga dapat tercipta pelayanan yang cepat, mudah, transparan dan murah.

"Selain itu NPCT1 harus tetap menjaga dan meningkatkan Service Level agreement (SLA ) maupun Service Level Standard  (SLS)," kata Junaidi.

Dengan terjaganya layanan yang terbaik tersebut, tuturnya,  kapal-kapal raksasa seperti CMA CGM, NYK akan tetap melayani rute ke dan dari pelabuhan Tanjung Priok, khususnya NPCT1.

Kedatangan kapal raksasa ke NPCT1 tentunya menunjukan kepada dunia internasional bahwa Pelabuhan Tanjung Priok sangat kompetitif dan mampu melayani kapal raksasa dengan standar pelayanan internasional.

"Dengan demikian, Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Kelas Dunia akan segera terealisasikan," kata Junaidi.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Arif Toha mengatakan pentingnya pemberian pelayanan yang baik kepada pengguna jasa transportasi laut. Menurutnya, agar lebih cepat dan efisien perlu juga dioptimalkan teknologi informasi, sehingga pelayanan lebih cepat, transparan, mudah dan murah.

"Pelabuhan Tanjung Priok telah mengembangkan pola layanan menggunakan aplikasi inaportnet v2,  termasuk Delivery Order (DO) Online. Dengan sistem online ini, penguna jasa akan diberikan kemudahan, kecepatan, dan transparan,” ujar Arif.

Arif Toha juga memberikan apresiasi kepada NPCT1 yang berhasil meraih 1 juta TEUs di usia yang relatif muda.

"NPCT1 baru sebentar beroperasi. Dalam usianya yang masih mudah, NPCT1 sudah mencapai 1 juta TEUs dari kapasitas 1,5  juta TEUs. Hal ini merupakan pencapaian yang sangat signifikan," kata Arif. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya