Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

LAPORAN PBB
Senin, 19 Maret 2018 18:43 WIB

Permintaan Meningkat, Kebijakan Air Bersih Diperlukan


Dalam Laporan Pembangunan Air Dunia tahun 2018, PBB menghitung bahwa sekitar 3,6 miliar orang tinggal di wilayah di mana air langka, setidaknya 1 bulan per tahun (AFP)

Bisnisnews.id - Pemerintah harus fokus pada solusi lebih ramah untuk memperbaiki pasokan dan kualitas air karena perubahan iklim dan populasi global yang terus meningkat mengancam keamanan air, kata PBB pada hari Senin 19 Maret.

Dalam Laporan Pembangunan Air Dunia tahun 2018, PBB menghitung bahwa sekitar 3,6 miliar orang, hampir setengah dari populasi global, tinggal di wilayah di mana air sangat langka, setidaknya hanya satu bulan per tahun.

Dan jumlah ini bisa meningkat menjadi 5,7 miliar pada 2050, laporan tersebut memperingatkan.

"Jika kita tidak melakukan apa-apa, sekitar 5 miliar orang akan tinggal di daerah dengan akses air yang buruk pada tahun 2050," kata Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay saat presentasi laporan di Brasilia.

"Laporan ini mengusulkan solusi berbasis alam untuk mengelola air dengan lebih baik. Ini adalah tugas utama yang harus diselesaikan bersama secara bertanggung jawab sehingga menghindari konflik yang berkaitan dengan air," katanya.

"Penggunaan air global telah meningkat karena 6 faktor semenjak seabad lalu dan terus berkembang pada tingkat sekitar 1 persen per tahun," kata laporan tersebut.

Dan di antara faktor tersebut adalah pertumbuhan penduduk, pembangunan ekonomi dan perubahan pola konsumsi.

"Sebagian besar permintaan air akan meningkat di negara-negara ekonomi berkembang," kata laporan tersebut.

Dilansir AFP, pada saat bersamaan, siklus air global semakin meningkat karena perubahan iklim, dengan daerah basah umumnya menjadi lebih basah dan daerah kering menjadi lebih kering. (marloft)

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya