Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

TEKNOLOGI
Senin, 19 Maret 2018 19:12 WIB

Inovasi IATA Tangani Barang-Barang Berbahaya


Label Barang-Barang Berbahaya (IATA)

Bisnisnews.id - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) telah meluncurkan solusi inovatif untuk industri kargo udara yaitu AutoCheck Dangerous Goods (DG AutoCheck).

"Industri transportasi udara menangani lebih dari 1,25 juta pengiriman barang berbahaya yang diangkut per tahun. Dengan perkiraan pertumbuhan kargo udara 4,9% per tahun, selama 5 tahun ke depan jumlah ini akan meningkat secara signifikan."

"Untuk memastikan bahwa kargo udara siap mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan ini, industri perlu mengadopsi standar modern dan harmonis yang memfasilitasi operasi yang aman dan efisien, terutama yang berkaitan dengan pengangkutan barang-barang berbahaya."

"DG AutoCheck adalah langkah signifikan untuk mencapai tujuan ini, "jelas Nick Careen, Wakil Presiden Senior IATA untuk Bandara, Penumpang, Kargo dan Keamanan.

Memfasilitasi Pemeriksaan Penerimaan
DG AutoCheck adalah solusi digital yang memungkinkan rantai pasokan kargo udara memeriksa kepatuhan Deklarasi Barang Berbahaya (DGD) dari pengirim, merujuk pada peraturan yang relevan dalam Regulasi Barang Berbahaya (DGR) IATA.

Alat ini memungkinkan data konsinyasi elektronik diterima secara langsung, mendukung digitalisasi rantai pasokan kargo. Teknologi Optical Character Recognition (OCR) juga mengubah kertas DGD menjadi data elektronik. Data ini kemudian diolah dan diverifikasi secara otomatis menggunakan data versi XML dari DGR.

DG AutoCheck juga memfasilitasi ground handling atau maskapai untuk menerima atau menolak pengiriman selama tahap pemeriksaan fisik dengan memberikan representasi bergambar dari paket tersebut dengan tanda dan pelabelan yang diperlukan untuk transportasi udara.

"DGR mencantumkan lebih dari 3.000 entri untuk barang-barang berbahaya. Masing-masing harus sesuai dengan DGR saat dikirim. Di atas kertas, DGR mencapai 1.100 halaman. Pemeriksaan manual adalah tugas rumit dan memakan waktu. Otomasi dengan DG AutoCheck membawa kita selangkah lebih maju. Rantai pasokan kargo akan mendapatkan keuntungan dari proses yang efisien dan keamanan yang ditingkatkan, "David Brennan, Asisten Direktur IATA untuk Keselamatan dan Standar Kargo.

Kolaborasi Industri
Kolaborasi sangat penting dalam mendorong transformasi industri terutama untuk bisnis dengan rantai pasokan yang kompleks.

Kelompok kerja industri yang terdiri dari lebih dari 20 organisasi global mendukung pengembangan DG AutoCheck. Kelompok ini berisi maskapai penerbangan, freight forwarder, ground handling dan integrator ekspres termasuk Air-France-KLM Cargo, Swissport, Panalpina dan DHL Express.

"Rantai pasokan kargo saat ini sedang mengalami evolusi digital utama. Pelanggan kami sudah mengharapkan efisiensi dokumentasi elektronik di seluruh rantai pasokan, "kata Nick Careen dalam rilis resmi IATA. (marloft)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya