Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

PENDIDIKAN
Selasa, 20 Maret 2018 10:24 WIB

Pencari Kerja di Biak Rata-Rata Minim Keterampilan




Bisnisnews.id - Usia produktif di Biak 19 -35 tahun, pada 2018 ini diperkirakan mencapai 5.000 orang dan rata-rata minim keterampilan.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Biak Numfor, Papua Esti Kbarek mengatakan, dari jumlah itu sebagian besar minim memiliki keterampilan.

"Seribuan pencari kerja di Biak Numfor masih minim memiliki keterampilan sehingga diperlukan terobosan pemerintah dalam meningkatkan kapasitas keahlian tenaga kerja bersangkutan," katanya di Biak, Selasa.

Salah satu program peningkatan kualitas penari kerja pada tahun 2018 melalui program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membuat pelatihan keterampilan untuk setiap pencari kerja di Indonesia.

Program pelatihan keterampilan diberikan kepada pencari kerja, menurut Esti, diharapkan dapat menjadi bekal dalam memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif di berbagai perusahaan.

"Pemkab Kabupaten Biak Numfor melalui Disnaker sudah merancang program peningkatan keterampilan pencari kerja, ya kami targetkan tahun 2018 sebanyak 600 pencari kerja sudah diberikan pelatihan kejuruan," ujar mantan lurah Buroku itu.

Esti menyebut dari 5000 pencari kerja yang paling dominan merupakan anak-anak asli Papua dengan latar belakangan pendidikan bervariasi dari SMP, SMA dan SMK hingga sarjana luluan dari sejumlah perguruan tinggi swasta di Provinsi Papua dan luar Papua.

Ia mengharapkan penyiapan kemampuan keterampilan khusus bagi pencari kerja dapat bersaing pada dunia kerja saat ini yang sangat membutuhkan tenaga kerja terampil dan menguasai keahlian tertentu.

Program peningkatan keterampilan pencari kerja di Kabupaten Biak Numfor pada 2018 diantaranya pelatihan kejuruan otomotif, komputer, menjahit, mebel, bangunan, listruk, elektronika, las listrik dan serta kejuruan listrik. (Ari)

Sumber: Antaranews

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya