Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

PENDIDIKAN
Selasa, 20 Maret 2018 10:24 WIB

Pencari Kerja di Biak Rata-Rata Minim Keterampilan




Bisnisnews.id - Usia produktif di Biak 19 -35 tahun, pada 2018 ini diperkirakan mencapai 5.000 orang dan rata-rata minim keterampilan.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Biak Numfor, Papua Esti Kbarek mengatakan, dari jumlah itu sebagian besar minim memiliki keterampilan.

"Seribuan pencari kerja di Biak Numfor masih minim memiliki keterampilan sehingga diperlukan terobosan pemerintah dalam meningkatkan kapasitas keahlian tenaga kerja bersangkutan," katanya di Biak, Selasa.

Salah satu program peningkatan kualitas penari kerja pada tahun 2018 melalui program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membuat pelatihan keterampilan untuk setiap pencari kerja di Indonesia.

Program pelatihan keterampilan diberikan kepada pencari kerja, menurut Esti, diharapkan dapat menjadi bekal dalam memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif di berbagai perusahaan.

"Pemkab Kabupaten Biak Numfor melalui Disnaker sudah merancang program peningkatan keterampilan pencari kerja, ya kami targetkan tahun 2018 sebanyak 600 pencari kerja sudah diberikan pelatihan kejuruan," ujar mantan lurah Buroku itu.

Esti menyebut dari 5000 pencari kerja yang paling dominan merupakan anak-anak asli Papua dengan latar belakangan pendidikan bervariasi dari SMP, SMA dan SMK hingga sarjana luluan dari sejumlah perguruan tinggi swasta di Provinsi Papua dan luar Papua.

Ia mengharapkan penyiapan kemampuan keterampilan khusus bagi pencari kerja dapat bersaing pada dunia kerja saat ini yang sangat membutuhkan tenaga kerja terampil dan menguasai keahlian tertentu.

Program peningkatan keterampilan pencari kerja di Kabupaten Biak Numfor pada 2018 diantaranya pelatihan kejuruan otomotif, komputer, menjahit, mebel, bangunan, listruk, elektronika, las listrik dan serta kejuruan listrik. (Ari)

Sumber: Antaranews

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya