Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

DAERAH TERTINGGAL
Selasa, 20 Maret 2018 10:38 WIB

Pemda Subar Meminta Pemerintah Pusat Membantu Kabupaten Kepulauan Mentawai


Rumah warga di Kabuopaten Kepulauan Mentawai yang berharap uluran tangan pemerintah pusat agar tidak lagi menjadi daerah tertinggal.


Bisnisnews.id - Pemda Sumatera Barat berharap pemerinta pusat memberikan bantuan kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai, sehingga keluar dari status daerah tertinggal pada 2019.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berharap perhatian pemerintah pusat itu akan membangitkan perekonomian Kabupaten kepulauan Mentwai, sehingga tidak terus menerus menjadi daerah tertinggal.

"Berbagai program bantuan dari kementerian menunjukkan perhatian pada Mentawai dan ini menjadi harapan bagi daerah ini untuk bisa keluar dari status tertinggal," kata Nasrul, Selasa.

Dari tiga daerah tertinggal di Sumbar, Mentawai dinilai paling sulit keluar dari status itu karena dari 122 daerah tertinggal di Indonesia, Mentawai berada pada peringkat 76.

Dua kabupaten lain masing-masing Kabupaten Solok Selatan berada pada peringkat 35 dan Pasaman Barat pada peringkat 33.

Namun, perhatian dari pemerintah pusat untuk kabupaten kepulauan yang merupakan salah satu daerah terluar di Indonesia itu memberikan harapan Mentawai bisa sama cepatnya dengan dua kabupaten lain untuk keluar dari status tertinggal.

Presiden Joko Widodo mengunjungi Mentawai pada 2015 setelah bencana tsunami dan memberikan perhatian lebih pada kabupaten itu.

Setelah itu beberapa orang menteri juga mengunjungi daerah yang memiliki keindahan alam dan potensi wisata luar biasa itu.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat mininjau langsung Februari 2018 mengatakan pemerintah berkomitmen menjadikan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.

Menkopolhukam Wiranto juga mengirimkan Tim Desk Wilayah Perbatasan dan Pulau-Pulau Kecil Terluar untuk meninjau pelaksanaan program di pulau terluar yang berpenghuni selama 2017.

Ada enam kriteria dan 27 indikator yang menjadi acuan daerah dikatakan tertinggal. Enam kriteria itu masing-masing perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas dan karakteristik daerah.

Sesuai RPJMN dari 122 daerah tertinggal saat ini, sekitar 80 diantaranya bisa keluar dari status itu pada 2020. (Ari)

Sumber: Ataranews

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya