Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

HOAX
Senin, 26 Maret 2018 19:51 WIB

Perangi Berita Palsu, Malaysia Akan Kenakan 10 Tahun Penjara


Malaysia berusaha untuk melawan berita palsu dengan hukuman hingga 10 tahun penjara (BBC)

Bisnisnews.id - Pemerintah Malaysia telah mengusulkan undang-undang baru untuk memerangi berita palsu, dengan pelanggar menghadapi hukuman hingga 10 tahun penjara. Orang asing pun bisa terkena.

Di bawah RUU Berita Anti-Palsu, mereka yang dihukum karena menyebarkan konten palsu akan dipenjarakan atau didenda hingga 128.000 dolar atau keduanya.

RUU itu diajukan di parlemen pada hari Senin 26 Maret, menjelang pemilihan nasional yang dalam beberapa minggu.

Kritikus menyebut RUU itu sebagai upaya pihak berwenang untuk menahan perbedaan pendapat.

Menurut RUU, istilah berita palsu didefinisikan sebagai "berita, informasi, data, dan laporan yang seluruhnya atau sebagian salah".

Pelanggar adalah siapa saja yang dengan cara apa pun, dengan sengaja menciptakan, menawarkan, menerbitkan, mencetak, mendistribusikan, atau menyebarluaskan berita atau publikasi palsu apa pun yang berisi berita palsu.

Blog, forum publik, dan akun media sosial juga dicakup dalam RUU tersebut.

Dilansir BBC, ini berlaku untuk siapa pun di dalam atau di luar Malaysia, selama berita palsu yang diterbitkan menyangkut negara atau orang-orang di dalamnya, yang berarti orang asing secara teknis dapat dijatuhi hukuman sementara tidak hadir.

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya