Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

MAHKAMAH KONSTITUSI
Senin, 02 April 2018 14:04 WIB

Anwar Usman Terpilih Sebagai Ketua MK Periode 2018 - 2020


Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman terpilih sebagai ketua melalui voting. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Bisnisnews.id - Anwar Usman terpilh sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2018-2020 menggantikan Arief Hidayat dalam rapat pleno yang berlangsung Senin (2/4/2018)  di gedung MK Jakarta Pusat.

Rapat Pleno yang dipimpin Anwar Usman dan dihadiri sembilan Hakim Konstusi tersebut, suara terbanyak diperoleh  Anwar Usman, yakni lima suara, mengalahkan Suhartoyo dengan perolehan empat suara.

Sembilan orang Hakim Konstitusi yang hadir dalam rapat pleno tersebut ialah Arief Hidayat, Anwar Usman, Aswanto, Maria Farida lndrati, Wahiduddin Adams, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul, dan Saldi Isra.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi, masa jabatan Ketua MK terpilih adalah selama dua tahun enam bulan atau periode 2018-2020.

Terpilihnya ketua MK yang baru, maka agenda rapat pleno selesai dan ketua MK terpilih segera dilantik. "Perlu saya sampaikan agenda pengucapan sumpah ketua MK akan diselenggarakan pada hari ini, 2 April 2018 pukul 15.00 WIB di ruang sidang pleno," ujar Anwar Usman.

Usai Rapat Pleno pemilihan Ketua MK, para Hakim Konstitusi melakukan musyawarah tertutup untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Ketua MK. (Ari)

 

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya