Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

INFRASTRUKTUR
Selasa, 03 April 2018 10:42 WIB

BPTJ Akan Lelang Proyek Kereta Lingkar Layang Jakarta Sepanjang 29 KM


ilustrasi google

Bisnisnews.id - Pemerintah menawarkan lelang investasi untuk proyek infrastruktur jalur kereta api lingkar layang atau Loopline di Jakarta sepanjang 29 kilo meter untuk melayani kebutuhan transportasi commuter Jabodetabek dari 1,1 juta menjadi 2 juta orang per hari. Pembangunan mega proyek itu ditargetkan sudah mulai dikerjakan pada 2020.

Lelang investasi melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) akan diselenggarakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, untuk ruas layang Manggarai – Pondok Jati – Rajawali – Kampung Bandan – Tanah Abang - Manggarai.

Proyek infrastruktur angkutan massal yang pendanaannya bersumber dari pihak ketiga itu diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan lalulintas. Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, loopline berperan penting mengurangi volume lalu lintas di jalan raya.

"Dengan akan dibangunnya loop line, maka penumpang kereta api dari Jabodetabek dalam tujuannya ke titik-titik sentra bisnis di ibukota tidak perlu lagi berganti transportasi lainnya tetapi cukup naik ke atas menggunakan kereta api loopline," kata Bambang.

Pembangunan Loopline juga akan meningkatkan frekuensi pemberangkatan kereta karena waktu tunggu (headway) setiap pemberangkatan semakin pendek. Loopline juga dibangun dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang.

"Lelag investasi ini terbuka kepada seluruh badan usaha yang berminat dalam bentuk skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dengan pola Solicited," ungkap Bambang.

Pembangunan Loopline juga akan meningkatkan frekuensi pemberangkatan kereta, karena waktu tunggu (headway) setiap pemberangkatan semakin pendek.

Saat ini BPTJ sedang melaksanakan pelelangan umum jasa konsultasi guna untuk mendukung percepatan pembangunan loopline dengan kegiatan Detailed Enginering Design (DED).

"Akan ada dua tahap DED, tahap I meliputi lintas Pondok Jati – Rajawali – Kampung Bandan sepanjang 11 Kilometer yang akan dilaksanakan oleh BPTJ tahun ini dan sudah melalui proses melalui pelelangan umum dengan jasa konsultasi. Dan tahap II akan dilaksanakan tahun depan dan meliputi jalur lintas Kampung Bandan – Tanah Abang – Manggarai sepanjang 18 Kilometer," kata Bambang.(Syam S)

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya