Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

INFRASTRUKTUR
Selasa, 03 April 2018 10:42 WIB

BPTJ Akan Lelang Proyek Kereta Lingkar Layang Jakarta Sepanjang 29 KM


ilustrasi google

Bisnisnews.id - Pemerintah menawarkan lelang investasi untuk proyek infrastruktur jalur kereta api lingkar layang atau Loopline di Jakarta sepanjang 29 kilo meter untuk melayani kebutuhan transportasi commuter Jabodetabek dari 1,1 juta menjadi 2 juta orang per hari. Pembangunan mega proyek itu ditargetkan sudah mulai dikerjakan pada 2020.

Lelang investasi melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) akan diselenggarakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, untuk ruas layang Manggarai – Pondok Jati – Rajawali – Kampung Bandan – Tanah Abang - Manggarai.

Proyek infrastruktur angkutan massal yang pendanaannya bersumber dari pihak ketiga itu diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan lalulintas. Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, loopline berperan penting mengurangi volume lalu lintas di jalan raya.

"Dengan akan dibangunnya loop line, maka penumpang kereta api dari Jabodetabek dalam tujuannya ke titik-titik sentra bisnis di ibukota tidak perlu lagi berganti transportasi lainnya tetapi cukup naik ke atas menggunakan kereta api loopline," kata Bambang.

Pembangunan Loopline juga akan meningkatkan frekuensi pemberangkatan kereta karena waktu tunggu (headway) setiap pemberangkatan semakin pendek. Loopline juga dibangun dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang.

"Lelag investasi ini terbuka kepada seluruh badan usaha yang berminat dalam bentuk skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dengan pola Solicited," ungkap Bambang.

Pembangunan Loopline juga akan meningkatkan frekuensi pemberangkatan kereta, karena waktu tunggu (headway) setiap pemberangkatan semakin pendek.

Saat ini BPTJ sedang melaksanakan pelelangan umum jasa konsultasi guna untuk mendukung percepatan pembangunan loopline dengan kegiatan Detailed Enginering Design (DED).

"Akan ada dua tahap DED, tahap I meliputi lintas Pondok Jati – Rajawali – Kampung Bandan sepanjang 11 Kilometer yang akan dilaksanakan oleh BPTJ tahun ini dan sudah melalui proses melalui pelelangan umum dengan jasa konsultasi. Dan tahap II akan dilaksanakan tahun depan dan meliputi jalur lintas Kampung Bandan – Tanah Abang – Manggarai sepanjang 18 Kilometer," kata Bambang.(Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya