Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

LINGKUNGAN HIDUP
Selasa, 03 April 2018 20:47 WIB

Minyak Tumpah Di Balikpapan, Pemerintah Nyatakan Keadaan Darurat


Pihak berwenang menilai kerusakan menjelang operasi pembersihan (BBC)

Bisnisnews.id - Pemerintah telah mengumumkan keadaan darurat akibat tumpahan minyak mematikan yang menyebar di lepas pantai pulau Kalimantan.

Setidaknya empat nelayan di kota pelabuhan Balikpapan tewas selama akhir pekan ketika bahan bakar menyala.

Ratusan orang telah melaporkan masalah kesehatan sejak tumpahan hari Sabtu (31/3).

Tidak jelas apa yang menyebabkan tumpahan minyak. Karena terus menyebar, risiko kebakaran meningkat lebih lanjut, kata pihak berwenang pada hari Selasa 3 April.

Lembaga lingkungan Balikpapan telah memperingatkan anggota masyarakat setempat untuk menghindari kegiatan yang bisa memicu kebakaran.

Tumpahan yang mengancam untuk lebih mencemari perairan memancing di sepanjang pantai, saat ini meliputi area seluas 12 km persegi.

Selain empat kematian yang dilaporkan, pejabat kesehatan setempat mengatakan bahwa ratusan orang di daerah itu mengalami kesulitan bernapas, mual dan muntah sejak kebakaran minyak terjadi.

Menerbitkan keadaan darurat memungkinkan dana pemerintah pusat untuk membantu pemerintah setempat dalam upaya menahan tumpahan dan operasi pembersihan berikutnya.

Balikpapan yang berada di provinsi Kalimantan Timur, adalah tempat kilang minyak besar milik BUMN Pertamina. Ketika investigasi berlanjut bagaimana minyak itu lolos ke laut, Pertamina mengatakan pipa bawah lautnya belum bocor.

Seorang manajer di kilang mengatakan kepada Jakarta Post pada hari Sabtu (31/3) bahwa tumpahan adalah minyak bahan bakar laut, bukan minyak mentah.

Nelayan di Balikpapan mengatakan mereka akan protes pada hari Rabu agar pemerintah dan Pertamina bertanggung jawab atas tumpahan.

Pertamina telah menolak bertanggung jawab atas bencana tersebut. (marloft)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya