Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

TRANSPORTASI LAUT
Kamis, 05 April 2018 11:18 WIB

Pemerintah Akan Fungsikan Pelabuhan Ratu Untuk Angkutan Barang ke Jakarta


Pelabuhan di Sukabumi Jawa Barat ini selama ini hanya berfungsi sebagai pelabuhan ikan para nelayan tradisional dan objek wisata

Bisnisnews.id - Pemerintah akan memfungsikan secara maksimal Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat untuk kelancaran pengiriman beragam komoditi hasil pertanian, pertambangan dan barang-barang lainya melalui kapal laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, paling lambat 2019, pelabuhan diujung Sukabumi itu sudah benar-benar difungsikan secara aksimal. Harapannya, pelabuhan ratu itu dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat dan mendongkrak perekonomian nasional.

Seluruh hasi; komoditi itu, dapat diangkut dengan kapal tongkang. Angkuta barang dari Sukabumi ke Jakarta dengan kapal laut itu, ungkap Menhub Budi akan menjadi lebih efisien

"Saya minta kepada teman-teman di Sukabumi gunakan Pelabuhan Ratu ini semaksimal mungkin. Kita ingin pada tahun 2019 pelabuhan ini semarak dan berfungsi maksimal," ungkap Menhub.

Dia mencontohkan, satu tongkang bisa mengangkut 100, 200, 300, bahkan sampai 7500 ton. Kalau dengan truk hanya bisa 20 ton.

"Saya baru dapat masukan bahwasannya di sini butuh konektifitas ke Jakarta yang selama ini dengan darat itu biayanya tinggi dan merusak jalan. Pakai kapal atau tongkang untuk mengantar hasil bumi, hasil tambang, dan mendatangkan barang barang tertentu ke sini lebih efisien. Karena bayangkan bahwa satu tongkang itu bisa 100, 200, 300, bahkan sampai 7500 ton. Kalau dengan truk hanya bisa 20 ton, jadi dibagi saja. Jadi, dengan tongkang akan lebih efisien," jelas Menhub Budi.

Selain untuk memudahkan konektivitas, Pelabuhan Ratu juga akan difokuskan untuk menjadi pelabuhan pariwisata pada saat akhir pekan. Terlebih dengan adanya objek wisata Geopark Ciletuh yang dapat dijangkau dengan kapal selama 30 menit, diharapkan dapat membuat semarak Pelabuhan Ratu.

"Ada satu potensi yaitu Geopark Ciletuh, yang kalau naik kapal itu cuma 30 menit. Sabtu minggu itu digunakan untuk pelabuhan pariwisata. Saya minta kepada Kepala Dinas Perhubungan kerjasama dengan Kepala Dinas Pariwisata untuk mengumpulkan stakeholder pariwisata. Supaya awal tahun 2019 pada saat ini sudah selesai, komoditas sudah bergairah untuk jalan kesana," tutup Menhub. (Syam )

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya