Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

ZERO ACCIDENT
Kamis, 05 April 2018 15:21 WIB

Direktur KPLP: Seluruh Kapal Wajib Memenuhi Persyaratan Keselamatan


Direktur KPLP saat melakukan sosialisasi keselamatan pelayaran di Sibolga Sumut.

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Jhonny  R. Silalahi  mengatakan, sesuai amanat UU 17/2008 tentang pelayaran, seluruh kapal wajib memenuhi persyaratan keselamatan.

"Transportasi laut, bagi kita yang tinggal di negara kepulauan adalah alat transportasi yang sangat vital dan dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya aktifitas pelayaran, untuk menghubungkan pulau yang satu ke pulau lainnya,” tutue Jhonny  dalam  Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara,  Kamis (5/4/2018).

Targetnya adalah kesadaran bersama tentang pentingnya keselamatan pelayaran untuk mewujudkan Zero Accident. Kata Jhonny, bukan hanya kapal-kapal berkapasitas besar yang wajub memenuhi persyaratan keselamatan tapi juga  pelayaran rakyat.

 “Sasaran sosialisasi keselamatan pelayaran kita adalah masyarakat pengguna pelayaran rakyat dan nelayan. Dalam Sosialisasi ini kita juga berikan bantuan 300 unit life jacket dengan tujuan untuk membangun kesadaran mereka akan pentingnya penggunaan alat keselamatan pelayaran di atas kapal dalam mewujudkan pelayaran yang selamat,” tutur Jhonny.

Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat KPLP, Sri Rejeki, selaku ketua panitia penyelenggara, menjelaskan bahwa Sosialisasi Keselamatan Pelayaran yang kali ini mengambil tema “Siap Siaga untuk Keselamatan Pelayaran” bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat bahwa menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu, budaya penggunaan alat keselamatan pelayaran di atas kapal sangatlah penting.

“Mengingat sering terjadinya kecelakaan kapal pelayaran rakyat dan kapal nelayan, yang berimbas pada timbulnya korban jiwa dan kerugian harta benda, yang sangat penting bukan hanya kesadaran masyarakat pengguna jasa untuk menggunakan alat keselamatan pelayaran di atas kapal, namun juga kesadaran pemilik kapal akan kewajibannya melengkapi kapal-kapal mereka dengan alat-alat keselamatan pelayaran,” tukas Sri.

Sri berharap sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pehubungan Laut ini dapat memberikan nilai positif dengan cara meningkatkan kesadaran dan menanamkan budaya pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran pada masyarakat pengguna jasa serta operator jasa transportasi pelayaran rakyat dan nelayan.

“Saya harap semua pihak dapat selalu bersinergi dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran,” jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya