Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

PEMERINTAHAN
Sabtu, 07 April 2018 18:41 WIB

PM Malaysia Bubarkan Parlemen dan Segera Gelar Pemilu


PM Malaysia Nazib Razak

Bisnisnews.id - Malaysia segera  menggelar  pemilihan umum (Pemilu) ke 15 menyusul dibubarkannya  parlemen  Sabtu (7/4/2018).

Pelaksanaan  Pemilu baru akan laksanakan dalam 60 hari sejak  dilakukannya pembubaran parlemen dan tanggal pelaksanaannya akan diumumkan kemudian oleh Komisi Pemilu.

Informasi pembubaran parlemen itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mengumumkan pembubaran parlemen pada Jumat (6/4/2018).

“Saya ingin menginformasikan rakyat bahwa saya telah bertemu raja dan meminta izinnya untuk parlemen dibubarkan pada Sabtu, 7 April,” kata Najib saat pidato yang disiarkan televisi negara.

Setelah menjelaskan berbagai pencapaian terbaru koalisi berkuasa Barisan Nasional (BN) dalam pidato 25 menit, Najib menyatakan, “Kami telah melayani dan kami akan terus melayani. Saya meminta mandat Anda untuk Barisan Nasional memimpin lima tahun lagi.”jelasnya

Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) telah memimpin semua koalisi BN sejak Malaysia merdeka dari Inggris pada 1957.

Najib juga tertolong dengan membaiknya kondisi ekonomi dalam beberapa waktu terakhir. Dia ingin memastikan kemenangan dengan mengumumkan berbagai tunjangan untuk kelompok warga berpenghasilan rendah, pegawai negeri sipil dan para petani.

Meski demikian, pemerintah dikritik karena mendorong perubahan peta pemilih melalui parlemen yang akan menguntungkan Najib. Anggota parlemen juga menyetujui Undang-undang yang melarang berita palsu dan para pelakunya dapat dipenjara. Oposisi khawatir peraturan ini dapat digunakan untuk membungkam para pengkritik pemerintah.

Najib hanya menang tipis pada pemilu 2013 setelah kalah suara populer melawan kubu oposisi yang kini dipimpin mantan PM Mahathir Mohamad. Mahathir disebut sebagai calon PM dari koalisi oposisi Pakatan Harapan yang terdiri atas partai-partai yang pernah ditekan selama 22 tahun pemerintahannya. (Ari)

 

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya