Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

EKONOMI KREATIF
Senin, 09 April 2018 11:29 WIB

AP II Bangun Balkodes di Desa Tegal Arum Magelang


Peletakan batu pertama pembangunan Balai Ekonomi Desa di Tegal Arum Magelang oleh Dirut PT AP II Muhammad Awaludin (Ist)


Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) bangun Balai Ekonomi Desa (Balkondes), Desa Tegal Arum, Kecamatan Borobudur, Magelang. Targetnya adalah kesejahteraan masyarakat setempat dan memicu geliat ekonomi rakyat.

Pelaksanaan pembangunan Balkondes ini akan melibatkan tidak kurang dari 20 BUMN dan 20 Desa yang tersebar di Kecamatan Borobudur, Magelang. Hingga saat ini telah terbangun enam belas Balkondes dan AP II menjadi BUMN ke 17 yang akan menjalankan program ini.

President Director PT AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, fokus utama pembangunan Balkondes ini adalah bagaimana mengangkat potensi ekonomi di daerah. "Tentunya kami mengajak warga sekitar untuk turut berperan aktif dalam proses pelaksanaannya. Oleh karena itu mari kita satukan langkah dan tekad agar realisasi program Balkondes ini dapat segera memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar," tuturnya.

Tegal Arum sendiri merupakan salah satu desa yang memiliki lokasi strategis sehingga diharapkan mampu mendongkrak laju ekonomi masyarakatnya. Dengan dibangunnya Balkondes maka diharapkan menjadi pemicu geliat ekonomi kerakyatan yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan warga sekitar.

Kepala Kecamatan Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, Balkondes akan menjadi ladang pembelajaran bagi warga untuk menjadi lebih mandiri dan sadar akan potensi-potensi positif yang dimiliki oleh desa, khususnya dibidang pariwisata.

Tentu harapannya adalah desa-desa yang ada dikawasan Kecamatan Borobudur ini bisa menjadi potret desa wisata yang unggul serta memperkuat kemegahan wisata Borobudur.

Pembangunan Balkondes Tegal Arum dibagi menjadi dua tahap. Untuk penyelesaian pembangunan tahap pertama akan dimulai pada April 2018 dan ditargetkan rampung pada September 2018. Balkondes Tegal Arum akan memiliki tujuh bangunan utama yang berdiri di atas lahan seluas 6.500 meter persegi.

Bangunan tersebut difungsikan sebagai penginapan dengan jumlah minimal 10 kamar pada masing-masing penginapan. Disamping dapat difungsikan sebagai penginapan, lokasi Balkondes Tegal Arum yang berada pada jalur perlintasan utama menuju Candi Borobudur juga diperuntukkan sebagai lokasi rest area yang dilengkapi dengan kamar mandi serta area parkir kendaraan.

Kedepannya, PT Angkasa Pura II (Persero) beserta Balkondes Tegal Arum berkesempatan untuk turut serta berpartisipasi dalam event internasional yang diselenggarakan oleh International Council of Women (ICW) pada awal September 2018 bertempat di Borobudur. (Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya