Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

20 TAHUN BUMN
Jumat, 13 April 2018 14:01 WIB

Rini: Dalam Empat Tahun Total Aset BUMN Meningkat Jadi Rp 7.212 Triliun


Menneg BUMN Rini Soemarno disaksikan direksi BUMN dan pejabat eselon I - IV kemenerian pada peringatan 20 tahun BUMN, Jumat (13/4/2018) d Jakarta.

Bisnisnews.id - Menneg BUMN Rini Soemarno mengatakan, setelah 20 tahun berdiri, aset BUMN tercatat sebesar Rp 7.212 Triliun atau meningkat dari sebelumnya Rp 4.387 Triliun pada tahun 2014.

Dalam tiga tahun terakhir, tercatat sudah 568 km jalan tol telah dibangun, atau hampir mencapai panjang jalan tol yang dibangun sejak tahun 1980 hingga tahun 2014 yang tercatat sepanjang 700 km. Di sisi lain, rasio elektrifikasi Indonesia saat ini sudah mencapai 95% yang didukung dengan peningkatan kapasitas pembangkit listrik yang mencapai 17.000 MW atau sudah melampaui 50% dari yang ditargetkan pemerintah sebesar 35.000 MW hingga 2019.

"Ini semua kerja keras direksi dan manajemen BUMN. Sekarang, akhir 2017 bisa laporkan keuntungan total seluruh BUMN mencapai Rp 187 triliun, meningkat dibanding akhir 2014 yang mencapai Rp 143 T. Jadi dalam tiga tahun kita bisa meningkat Rp 44 Triliun. Selamat untuk para Direksi," tutur Rini dalam pernyataan tertulisnya pada peringatan 20 tahun Kementerian BUMN Jumat (13/4/2018) di Jakarta, dengan tema One vision, one nation, one family, to excellence.

Sejukah kegiatan pada peringatan ulang tahun itu diantaranya aksi bersih-bersih lingkungan dan penandatanganan MoU rencana penyelarasan pembangunan komplek Kementerian BUMN oleh Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putra bersama para Direktur Utama PT Danareksa (Persero), PT Telkom (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk yang disaksikan Menteri BUMN serta pejabat Eselon I

Turut hadir mantan Menteri BUMN Tanri Abeng dan Mustofa Abubakar, pensiunan dan sejumlah tokoh Kementerian BUMN.

kegiatan lain, pengecatan Mesjid Ar- Rayyan yang terletak lingkungan Kementerian BUMN, launching Website Mudik Bareng BUMN (http://mudik.bumn.go.id), pengukuhan paguyuban pensiunan Kementerian BUMN, membatik dan peragaan busana, hingga kegiatan Happy Day bersama UKM Binaan BRI, KAI Group, Bank Mandiri Group, BTN dan BNI.

Menteri Negra BUMN Rini Soemarno mengatakan, di usia Kementerian 20 tahun ini, diharapkan bisa mempersiapkan semua perusahaan pelat merah agar menjadi kuat dan sehat, memberikan kontribusi positif bagi negara lewat fungsinya sebagai agen pembangunan serta melalui komtribusi dividen, pajak dan PNBP.

"Jadi di ulang tahun ke 20 ini konteksnya ke situ. Bahwa BUMN ini betul-betul melakukan fungsinya sebagai koorporasi yang turut membantu mendorong pertumbuhan ekonomi. Kita harus masuk ke proyek-proyek yang mendukung perekonomian Indonesia secara langsung baik di jalan tol, pengembangan bandara, pelabuhan, mendorong konektivitas udara, elektrifikasi, membantu masyarakat di daerah terluar dengan manajeman dan pengawasan dari pemegang saham yang profesional," kata Rini. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya