Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Info Pasar / Berita

BUMBU DAPUR
Jumat, 13 April 2018 14:40 WIB

Harga Bawang Putih di Aceh Meroket dari Rp 25 Ribu Menjadi Rp 40 Ribu



Bisnisnews.id - Harga bawang putih pada sejumlah pasar tradisional di Kota Banda Aceh, melambung menjadi Rp40 ribu per kilogram atau mengalami kenaikkan 60 persen dibandingkan sebelumnya.

"Bawang putih sekarang harganya Rp40 ribu per kilogram, dari tadinya cuma Rp25.000 per kilo kami jual," tutur Dewi, pedagang sayuran di Pasar Peunayong, Banda Aceh, seperti dilansir Antaranews, Jumat (13/4/2018).

Bagi masyarakat Aceh, bawang putih menjadi salah satu bumbu masak utama, namun dalam dua bulan terakhir harganya sangat tidak menentu dan cenderung terus naik. Terus meroketnya harga bawang outih ini juga yang membuat warga setempat gelisah.

harga bawang putih naik cukup cepat mullai dari harga Rp25 ribu per kg, lalu merangkak naik menjadi Rp30 ribu per kg, Rp35 ribu dan sekarang menjadi Rp 40 ribu per kg. Sedangkan harga bawang merah, relatif stabil Rp 18 ribu per kg, dan lokal Rp28 ribu per kg.

Pedangang setempat menilai, tingginya harga bawang putih disebabkan jumlah pasokan yang berkurang di tengah kebutuhan masyarakat yang stabil. "Harga Rp40.000 per kilogram ini, sudah bertahan lebih dari dua pekan. Para pembeli, mayoritas mengurangi pemakain bawang putih," ucap Aisyah (45), pedangan di Pasar Ulee Kareng.

Nur Intan (31), pembeli pasar tadisional setempat mengatakan, harga kebutuhan pokok selalu melonjak tinggi, terutama menjelang bulan puasa yang hampir sebulan lagi.

"Ini sih, namanya bukan lagi naik harga bawang putih. Tetapi ganti harga, sebentar lagi kan mau Ramadan," tutur dia.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita akhir bulan lalu mengakui, bahwa harga bawang putih di pasaran belum turun seperti yang diinginkan pemerintah, yakni Rp25.000 per kilogram.

Ia menyebut, pemerintah berupaya menurunkan harga bawang putih dengan mengeluarkan izin impor komoditas itu dengan total yang direkomendasikan 450 ribu ton.(Rayza

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya