Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

RAKOR
Sabtu, 14 April 2018 13:32 WIB

Menhub Akan Umumkan Jalur Fungsional Bagi Pemudik Lebaran



Bisnisnews.id -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji, dua minggu menjelang arus mudik akan diumumkan  jalur fungsional  yang akan digunakan bagi para mudik lebaran Juni 2018.

Menhub juga akan mengecek langsung persiapan dan kondisi jalur yang akan dilalui para pemudik untuk memastikan jaminan keamanan dan kenyamanan.

Persiapan jakur fungsional itu dilakukan, karena  ruas  jalan tol Jakarta  - Surabaya belum  bisa dioperasikan pada arus mudik lebaran Juni 2018 mendatang. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan  masih ada ruas jalan tol yang belum selesai.

“Dua minggu menjelang lebaran kita akan tetapkan jalur fungsional itu berfungsi jam berapa sampai jam berapa. Tadi sudah dinyatakan oleh Dirut PT. Jasa Marga satu jalur, kalau  tahun lalu (jalur fungsional) kita (buka) cuma sampai jam 18:00. Jadi kalau ternyata tidak ada lampu pasti kita nyatakan malam tidak boleh,” tegas Menhub pada Rapat Koordinasi terkait penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Jakarta, Jumat (13/4/2018)

Terkait hal tersebut untuk mengantisipasi adanya debu ditambah musim panas pada penyelenggaraan angkutan lebaran, Menhub juga meminta pengelola jalan tol untuk menyiapkan tangki air untuk meminimalisir penyebaran debu. 

Sektor transportasi udara, Menhub menjelaskan pihaknya mendorong maskapai penerbangan untuk melakukan extra flight. Untuk itu Menhub juga meminta agar operator bandara PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II selain mempersiapkan slot penerbangan yang dimungkinkan terkait adanya extra flight juga mengoperasikan bandara lebih lama. 

“Berdasarkan pengalaman satu bulan sebelum lonjakan lebaran sudah diketahui lonjakan penumpang itu berapa, darimana, oleh karenanya pada PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II mengatur kemungkinan slot-slot yang bisa diberikan. Kemenhub memberikan dukungan dengan berikan suatu ijin slot dengan cepat. Pengoperasian bandara-bandara lebih lama atau sampai jam 24:00," ujarnya.

Agar kapasitas penumpang yang diangkut bertambah Menhub menghimbau kepada maskapai penerbangan mengoperasikan pesawat-pesawat berbadan lebar untuk penerbangan ke rute-rute tertentu. 

Pada kesempatan yang sama Menhub kembali meminta kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena tidak dapat memberi jaminan keselamatan kepada pemudik terlebih jarak yang ditempuh tidak pendek. Menhub mendorong masyakarat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan baik oleh Kementerian Perhubungan maupun oleh perusahaan swasta/BUMN.

“Alhamdulillah dari swasta dan BUMN juga ada tambahan jumlah peserta mudik gratis yang luar biasa. Kami tetap menganjurkan meminta bantuan dari swasta bahkan ada anjuran dari Kementerian Ketenagakerjaan sebaiknya pengusaha-pengusaha itu juga mengadakan angkutan massal untuk mereka yang mau mudik,” ucap Menhub. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya