Jumat, 25 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hankam / Berita

PERTAHANAN
Jumat, 20 April 2018 13:48 WIB

Seskoal Gelar Forum Strategi II dan KKDN di Selat Malaka dan Singapura



Bisnisnews.id - Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) kembali melaksanakan kegiatan Forum Strategi II dan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Selat Malaka dan Selat Singapura sebagai bidang minat (area of interest) dengan tempat penelitian di Medan, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun dan Batam/Tanjung Pinang.

Kegiatan yang mengusung tema 'Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional' Angkatan 56 Tahun Pendidikan 2018 itu berlangsung sejak 16 sampai 25 April 2018 dan  dipimpin langsung Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Sulistiyanto, S.E, M.M, M.Sc.

KKDN yang bertujuan mendukung strategi Pertahanan Negara di Laut itu masing-masing jurusan dilaksanakan oleh 27 Pasis dan enam perwira pembimbing. Terdiri dari 125 siswa TNI AL, empat siswa TNI AD dan TNI AU serta enam siswa dari Negara sahabat, yaitu Australia, India, Fiji, Malaysia, Pakistan dan Singapura.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Sulistiyanto dalam keterangan tertulisnya Jumat (20/4/2018) menjelaskan, kegiatan ini harus ditempuh oleh para Pasis sebagai calon Pemimpin TNI/TNI AL di masa yang akan datang, agar mampu mengambil keputusan terbaik dengan berbagai permasalahan yang dihadapi, khususnya dalam konteks Strategi Pertahanan Negara di Laut.

Tujuannya ialah membekali para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 agar dapat mengumpulkan data tentang potensi sumber daya Nasional dari aspek maritim di suatu wilayah dengan melaksanakan penelitian, peninjauan dan kunjungan diberbagai Instansi Sipil maupun Militer ditiap daerah tersebut, agar nantinya dapat merumuskan postur dan struktur kekuatan TNI Angkatan Laut serta perkiraan resiko dalam mendukung konsepsi Strategi Pertahanan Negara di Laut.

Selain itu Pasis juga melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kuliah kerja dengan melaksanakan penelitian tentang kondisi dan kultur masyarakat daerah dalam berbangsa dan bernegara serta bela negara dalam rangka pertahanan negara di laut.

Kegiatan ini sekaligus sebagai pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Karena Pasis lulusan Seskoal nantinya akan menyandang gelar Magister Terapan aspek Pertahanan Laut. (Syam S).

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
PEMUDA
Kirab Pemuda 2018 Siap Bergulir 5 Septermber Mendatang

Bisnisnews.id – Untuk mematangkan persiapan Kirab Pemuda 2018, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kirab Pemuda 2018 bersama perwakilan 34 provinsi, dan 100 perwakilan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
ATLET
Menpora Berjanji Tambahkan Anggaran Peralatan Layar

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyetujui penambahan anggaran perlatan untuk Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) jelang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.   "Kami . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
TRANSPORTASI
Naik Transjakarta Gratis Selama Asian Games 2018

Bisnisnews.id – Panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) berserta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar rapat progres persiapan pesta olahraga bangsa Asia yang akan bergulir 86 hari lagi.   Rapat yang dipimpin . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 24 Mei 2018
INVESTIGASI
Rusia Bertanggung Jawab Di Balik Serangan MH17

Bisnisnews.id - Peneliti internasional telah menyimpulkan bahwa rudal yang menyerang Malaysia Airlines MH17 empat tahun lalu berasal dari unit militer yang berbasis di Rusia. Misil ditembakkan oleh angkatan bersenjata Rusia yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 24 Mei 2018
DIPLOMASI
Trump Tarik Diri Dari KTT Korut

Bisnisnews.id - Presiden AS Donald Trump telah membatalkan pertemuan KTT dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengatakan dunia telah "kehilangan peluang besar untuk perdamaian abadi". Dia mengatakan keputusannya adalah karena . . .
Selengkapnya