Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

ANGKUTAN UMUM
Selasa, 24 April 2018 20:13 WIB

Manajemen Keselamatan Bukan Untuk Membebani Perusahaan



Bisnisnews.id - Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat Ahmad Yani mengatakan, sistem manajemen keselamatan bukan untuk membebani perusahaan angkutan umum karena tidak ada biaya Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum adalah bagian dari manajemen perusahaan, berupa  tata kelola keselamatan yang dilakukan oleh Perusahaan Angkutan Umum secara komprehensif dan terkoordinasi dalam mewujudkan keselamatan dan mengelola resiko kecelakaan.

Dalam pelaksanaan pemenuhan keselamatan di jalan,  tutur Ahmad Yani, setiap perusahaan angkutan umum harus memiliki tata kelola keselamatan dalam penyelenggaraan angkutan umum sesuai dengan standar keselamatan yang ditetapkan.

Tujuannya, untuk mwnvegah dan mengurangi kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan.

Sejak 15 september 2017, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. PP ini merupakan amanat dari ketentuan pasal 205 dan pasal 207 Undang-Undang 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Salah satu pengaturan dalam PP Nomor 37 Tahun 2017 tersebut adalah mengenai kewajiban perusahaan angkutan yang didalamnya terdapat pengaturan mengenai sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum dan alat pemberi informasi kecelakaan lalu lintas.

 "Perusahaan angkutan umum wajib melaksanakan 10 elemen Sistem Manajemen Perusahaan Angkutan Umum," kata Ahmad Yani dalam workshop Peraturan  Undang-undang bidang transportasi darat, Selasa (24/4/2018) di Solo.

Pada pasal 27 PP Nomor 37 tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah diatur bahwa perusahaan angkutan umum wajib membuat, melaksanakan, dan menyempurnakan sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum dengan berpedoman pada RUNK LLAJ.
 
Berangkat dari perintah dalam PP tersebut, maka Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, telah menyusun konsep Peraturan Menteri Perhubungan tentang pedoman sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum.

"Peraturan Menteri Perhubungan ini akan menjadi pedoman bagi perusahaan angkutan umum untuk membuat, melaksanakan, dan menyempurnakan sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum dengan berpedoman pada RUNK LLAJ," jelas Ahmad Yani.

Dalam sepuluh elemen sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum   dijabarkan secara rinci bagaimana pemenuhannya agar tercipta sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum yang ideal.

"Terkait dengan sanksi, perlu kita cermati dan menjadi atensi bersama bahwa perusahaan angkutan umum yang melakukan pelanggaran berupa tidak membuat, melaksanakan, dan menyusun sistem manajemen keselamatan ini akan dikenai sanksi administratif," tegas Ahmad.Yani. (Syam S)

 "
Sepuluh elemen  Menejemn Keselamatan:

1. Komitmen dan kebijakan;
2. Pengorganisasian;
3. Manajemen bahaya dan resiko;
4. Fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kendaraan;
5. Dokumentasi dan data;
6. Peningkatan kompetensi dan pelatihan;
7. Tanggap darurat;
8. Pelaporan kecelakaan internal;
9. Monitoring dan evaluasi; dan
10. Pengukuran kinerja.

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya