Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

KOPETENSI
Jumat, 27 April 2018 13:54 WIB

APBMI dan SAR Maritime Learning Institute Gelar Program Vokasi



Bisnisnews.id - Assosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia dan SAR Maritime Learning Institute gelar pendidikan kecakapan kemaritiman (kopetensi) bagi para pelaku usaha, pekerja sektor kemaritiman dan masyarakat umum.

Kegiatan edukasi kemaritiman yang dilaksanakan selama dua hari, 3 - 4 Mei 2018 di Sunlake Hotel Jakarta tersebut diharapkan dapat menempa kemampuan para pekerja di sektor kemaritiman. Para peserta yang lulus dan dibekali sertifikat kopetensi itu diharapkan mampu berkompetisi bukan saja di tingat lokal tapi ASEAN.

Target lain dari pendidikan ini ialah, membekali para pekerja dengan keterampilan di sektor kemaitiman yang diakui dunia iternasional. Khusus di dalam negeri, para SDM yang telah mengantongi sertifikat itu nantinya dapat mewujudkan pencapaian program tol laut yang telah diusung pemerintahan Jokowi - JK.

Sekretaris Umum DPP APBMI Sahat Simatupang mengaakan pendidikan keterampilan bagi para pekerja di sektor martim merupakan amanat UU No.17/2008 tentang Pelayaran dan diimplementasikan dalam peraturan pemerintah (PP) 52 dan 61 serta Permenhub 125, yang mewajibkan setiap pekerja memiliki kopetensi dan sertifikasi.

Program vokasi atau keahlian yang dibangun bersama SAR Maritime Learning Institute ini juga diharapkan dapat diikuti seluruh perusahaan bogkar muat (PBM) maupun tenaga kerja bongkar muat (TKBM) seluruh Indonesia.

"Kalau kita mengacu kepada UU 17/2008, kemampuan dan keahlian di masing-masing bidang wajib dilakukan," kata Sahat pada Bisnisnews, Jumat (27/4/2018) di Jakarta.

Kemahiran yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat para pekerja di sektor maitim ini juga dituntut perusahan-perusahaan pelayaran asing. "Mereka lebih sensiti lagi, kalatidak memiliki sertifikasi sesuai bidang kemahiran, mereka tidak mau pakai, ini adalah tututan yag harus dipenuhi pekerja," jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya