Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

PELAYANAN
Senin, 07 Mei 2018 14:23 WIB

PT Pelni Akan Memasang Mesin Transaksi EDC di 52 Loket Kantor Cabang


Mesin EDC untuk transaksi yang sudah menjamur digunakan para pedagang hingga ke tingkat kaki lima.

Bisnisnews.id - PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan memasang mesin Electronic Data Capture (EDC) di loket kantor pusat dan 52 loket kantor cabang yang tersebar di Belawan hingga Jayapura.

Direktur Utama PT Pelni, Insan Purwarisya L Tobing mengatakan, dengan perangkat EDC, masyarakat pengguna jasa angkutan kapal Pelni tidak perlu dibikin repot membawa banyak uang ke loket.

Pemasangan EDC itu dilakukan secara bertahap. Pada Triwulan III/2018, akan terpasang di dua loket. Yaitu loket Kantor Pusat dan loket Kantor Cabang Utama Tanjung Priok.

Selanjutnya pada Triwulan IV/2018, akan dilakukan pemasangan di dua loket Kantor Cabang Utama lainnya. Yaitu, Surabaya dan Makassar. Ditargetkan pemasagan EDC ini selesai pada awal tahun 2019.

"Sudah saatnya layanan pembayaran cashless atau non tunai diimplementasikan dalam transaksi pemesanan dan pembelian tiket kapal Pelni. Dengan menggunakan mesin EDC yag disediakan oleh Bank HIMBARA, pelanggan Pelni tidak perlu membawa uang tunai ke loket," kata Insan, usai menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Layanan Pembayaran Non Tunai dengan perangkat EDC Bank HIMBARA di seluruh loket Pelni, dengan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar serta Direktur Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar, Senin (7/5/2018) di Jakarta.

EDC berfungsi untuk menerima pembayaran dari pelanggan ke toko atau loket pembayaran menggunakan kartu, baik itu kartu kredit maupun kartu debit. Perangkat lunak jenis ini sudah menjamur dan marak digunakan kalangan pelaku usaha di berbagai sektor, bahkan di sektor usaha kecil  pun telah memanfaatkannya.

"Diharapkan pada tanggal 01 Januari 2019 pembelian tiket para pelanggan Pelni dengan menggunakan mesin EDC Bank HIMBARA ini telah berjalan sepenuhnya di 53 loket Pelni," jelasnya.

Direktur Keuangan PT Pelni Tri Andayani menambahkan, manfaat penggunaan mesin EDC dalam melakukan pembayaran bagi pelanggan antara lain, efisiensi waktu dan kemudahan dalam bertransaksi. Karena pelanggan tidak perlu menyiapkan uang tunai, dan meminimalisir risiko menjadi korban kejahatan.

Pada kesempatan yang sama juga diluncurkan aplikasi layanan Pelni Mobile berbasis andoid dan iOS. Aplikasi ini diharapkan lebih mempermudah pengguna jasa dalam melakukan reservasi tiket melalui smartphone. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya