Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

SKANDAL 1MDB
Jumat, 18 Mei 2018 13:25 WIB

Razia Najib, Polisi Malaysia Sita Uang Tunai Dan Barang-Barang Mewah


Tas mewah dari Birkin, Hermes dan Louis Vuitton termasuk di antara barang-barang yang disita (CNA)

Bisnisnews.id - Polisi Malaysia menyita 284 kotak berisi tas desainer dan puluhan tas yang berisi uang tunai dan perhiasan dari kediaman pribadi mantan perdana menteri Najib Razak pada Jumat pagi, 18 Mei.

"Barang-barang itu dibawa keluar dari kondominium mewah sebelum fajar, dan termasuk perhiasan, jam tangan, dan barang berharga lainnya", kata polisi.

Amar Singh, kepala unit investigasi kejahatan polisi Malaysia, mengatakan kepada media Jumat pagi di salah satu tempat razia bahwa nilai dari apa yang disita tidak mungkin dapat diperkirakan karena volumenya yang besar.

"Personel kami memeriksa tas-tas ini dan menemukan berbagai mata uang termasuk ringgit Malaysia, dolar AS, jam tangan dan perhiasan dalam 72 tas," katanya.

Kata Singh di antara tas yang disita adalah merek Hermes dan Louis Vuitton.

Polisi telah melakukan penggerebekan di enam tempat, yang termasuk kantor perdana menteri dan kediaman resmi perdana menteri di Putrajaya dan empat tempat tinggal pribadi mantan perdana menteri, kata Singh.

Dia menegaskan bahwa serangan itu terkait dengan penyelidikan skandal multi-miliar yang melibatkan dana negara yang didirikan Najib, 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Inspeksi dilakukan secara bersamaan. Mengenai inspeksi di kondominium mewah Jalan Raja Chulan, tidak ada halangan atau individu yang mencegah polisi untuk melakukan pekerjaan mereka di tempat tersebut.

“Untuk penyerbuan di tempat tinggal yang mewah, polisi telah memperoleh surat perintah penggeledahan yang diperlukan. Pencarian selesai dalam waktu dua setengah jam, ”tambah Singh.

Dalam penggerebekan di lima lokasi lainnya, dia mengatakan di antara barang-barang yang disita adalah dokumen yang diyakini terkait dengan 1MDB dan penggerebekan akan berlangsung sampai selesainya investigasi.

Ditanya apakah barang bukti yang ada cukup untuk mengadili Najib, dia mengatakan keputusan itu terserah kepada Inspektur Jenderal Polisi Mohamad Fuzi Harun.

"Saya hanya menerima perintah untuk melakukan penggerebekan berkaitan dengan kasus 1MDB," tambahnya.

Singh juga menjelaskan bahwa brankas besi yang ditemukan di kediaman Najib di Jalan Langgak Duta, Taman Duta, masih dalam proses dibor untuk dibuka.

"Kami telah menyelidiki kasus ini dengan profesionalisme ... Saya juga telah menginstruksikan semua personel saya untuk melakukan penyelidikan yang terperinci dan menyeluruh," katanya.

Dilansir Channel News Asia, Perdana Menteri Malaysia yang baru terpilih Mahathir Mohamad telah melarang Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, meninggalkan negara itu. Setidaknya enam negara, termasuk Amerika Serikat, sedang menyelidiki 1MDB. Najib membantah melakukan kesalahan. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya