Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

PERHUBUNGAN LAUT
Kamis, 24 Mei 2018 15:17 WIB

Kadisnav Ditjen Hubla dan Cabang Pelido IV Tandatangani Kesepakaan Pengoperasian VTS


Kadisnav Ditjen Hubla dan para kepala cabang Pelindo IV menandatangani Nota Kesepahaman penggunaan VTS

Bisnisnews.id - Para Kepala Distrik Navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kamis (24/5/2018) bersama para General Manager PT. Pelindo IV (Persero) kawasan timur Indonesia, menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Pengoperasian Stasiun Vessel Traffic Services (VTS).

Yaitu, Kepala Distrik Navigasi (Disnav) Makassar, Disnav Samarinda, Disnav Bitung, dan Disnav Sorong dengan para General Manager PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar, Samarinda, Bitung dan Sorong dan disaksikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Sesditjen Perhubungan Laut, Direktur Kenavigasian serta Direktur Operasional dan Komersial PT. Pelindo IV (Persero).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo mengatakan, pelaksanaan kerjasama ini merupakan awal yang baik karena dapat memberikan dampak yg besar dalam hal peningkatan efektifitas pemakaian peralatan yang dimiliki sekaligus dapat memberikan pemasukan kepada negara.

"Kita memiliki berbagai fasilitas peralatan dan teknologi tapi banyak yang belum optimal sehingga fasilitas yang sudah ada perlu dimanfaatkan secara optimal, termasuk bagi Pelindo atau lembaga-lembaga lain juga dapat memanfaatkan fasilitas negara tersebut untuk kepentingan bersama," kata Dirjen Agus.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada PT. Pelindo IV (Persero) atas peningkatan kerjasama khususnya dalam pemanfaatan stasiun VTS dengan Ditjen Hubla.

"Semoga ke depan Ditjen Hubla dan PT. Pelindo IV dapat melakukan kerjasama di bidang lainnya yang dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran secara efektif dan efesien," ujarnya.

Direktur Kenavigasian Sugeng Wibowo menuturkan, pengoperasian VTS pada pelabuhan-pelabuhan di Indonesia tidak lain untuk kepentingan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim, yang dilaksanakan dengan memberikan pelayanan Information Services (INS), Navigational Assistance Services (NAS) dan Traffic Organization Services (TOS) dan dalam keadaan tertentu dapat difungsikan untuk pemanduan secara elektronik.

Dengan adanya pemanfaatan stasiun VTS tersebut, lanjut Sugeng, dapat memberikan layanan informasi yang diperlukan kepada pemangku kepentingan di pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja VTS masing-masing.

"Saya berharap agar seluruh pihak terkait dapat saling mengisi dan berbagi informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam keselamatan pelayaran serta pelaksanaanya dapat dilakukan oleh operator VTS dan petugas pandu yang memiliki kompetensi,"jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya