Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

BILATERAL
Rabu, 30 Mei 2018 00:16 WIB

Dubes RI di New Delhi Akan Peringati 70 Tahun Hubungan Indonesia -India



Bisnisnews.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia di New Delhi mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India pada 2019.

Sejumlah agenda kegiatan itu nantinya akan diisi dengan pameran foto dan penulisan buku  sebagai tanda kedekatan hubungan kedua negara.

Dubes Indonesia untuk India Sidharto R Suryodipuro dalam wawancara khusus di Jakarta, Senin (28/5), mengatakan bahwa Indonesia dan India tidak hanya merayakan angka dan perubahan yang sudah terjadi baik pada masing-masing negara maupun dalam konteks bilateral, tetapi juga optimisme terhadap hubungan di masa depan.

"Kita jangan sampai lupa peran India dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia," kata dia lagi.

India, menurut Dubes Arto, adalah negara terpenting dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, mengingat Perdana Menteri pertama India Jawaharlal Nehru memberikan dukungan pribadi dan membawa negaranya mendukung Indonesia.

Pada 1947, Nehru yang dekat dengan Presiden pertama RI Soekarno, menyelenggarakan Asian Relations Conference di New Delhi untuk mengumpulkan dukungan Pakistan, Sri Lanka, Nepal, Lebanon, Suriah, dan Irak untuk mendesak Belanda keluar dari wilayah RI.

India juga menjadi salah satu dari lima negara penyelenggara Konferensi Asia Afrika di Bandung pada April 1955 yang bertujuan mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan negara-negara Asia dan Afrika, serta melawan kolonialisme negara Barat.

Menurut Dubes Arto, hubungan Indonesia-India penting diperingati karena kepentingan Indonesia terhadap India cukup luas dan bervariasi.

"Saya juga ingin melihat `awareness` yang lebih tinggi di Indonesia tentang India, karena ini adalah negara penting yang tidak boleh hanya menjadi `blind spot` dalam `awareness` kita. Jadi kita harus berinvestasi lebih banyak dalam hubungan bilateral ini," ujarnya pula.

Tahun depan, KBRI New Delhi juga berencana memeriahkan Festival Bali Yatra yang diselenggarakan setiap tahun di Negara Bagian Odisha, India pada November untuk memperingati perjalanan pelaut kuno India berlayar melintasi Sri Lanka, Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan berujung ke Bali untuk ekspansi perdagangan dan budaya.

Selain rangkaian pementasan seni dan pameran kuliner, festival ini juga diperingati warga India dengan menghanyutkan perahu mainan yang terbuat dari kertas berwarna atau gabus di Sungai Mahanadi. (Antaranews/Ari)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya