Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

PERANG
Rabu, 30 Mei 2018 02:10 WIB

Israel Klaim , Serangan ke Jalur Gaza Merupakan Balasan Atas Tembakan Mortir Dari Palestina


AFP / THOMAS COEX

Bisnisnews.id - Pasukan melakuan serangan terhadap sejumlah kantong-kantong militan Palestina di jalur Gaza pada selasa (29/5/2018) waktu setempat. Ini merupakan salah satu serangan terbesar yang dilakukan Israel sepanjang konfrontasi sejak 2014.

Israel beralasan, serangan itu dilakukan sebagai pembalasan atas rentetan tembakan mortir dan roket dari daerah kantong Palestina.

Secara terpisah pada hari Selasa pagi, warga Palestina meluncurkan kapal dari Gaza untuk memprotes blokade Israel atas jalur itu dalam apa yang mereka katakan akan menjadi demonstrasi damai.

Pasukan Israel kemudian menghentikan dan menangkap perahu protes utama ketika mendekati batas blokade di sembilan mil laut, sementara yang lain dikatakan telah kembali

Insiden hari Selasa terjadi setelah berminggu-minggu kekacauan mematikan di sepanjang perbatasan Gaza-Israel.

Tiga tentara Israel terluka dalam kekerasan hari itu, satu sedang dan dua ringan, menurut tentara. Tidak ada laporan segera tentang korban di Gaza.

Pada pagi hari, sekitar 28 mortir ditembakkan ke Israel dari Jalur Gaza, dengan Israel mengatakan sebagian besar dihadang oleh sistem pertahanan udara tetapi meninggalkan penduduk di daerah itu dengan siaga tinggi dan tetap dekat dengan tempat perlindungan bom.

Satu mortir meledak dekat gedung taman kanak-kanak, kata seorang juru bicara militer, menyebabkan kerusakan pada struktur. Tidak ada anak-anak di sana saat itu.

Itu adalah serangan terbesar dari Gaza yang menargetkan Israel sejak perang 2014, dan tanggapan Israel juga akan menjadi yang terbesar sejak itu.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah respon kuat setelah serangan mortir awal.

"Israel mengambil pandangan kuburan tentang serangan terhadapnya dan komunitasnya oleh Hamas dan Jihad Islam dari Jalur Gaza," katanya.

"IDF akan menanggapi serangan-serangan ini dengan kuat," tambahnya selama konferensi di Israel utara, mengacu pada tentara Israel.

Tidak lama setelah Netanyahu berbicara, militer Israel mulai melakukan serangan udara di Gaza. Ledakan mengguncang daerah kantong Palestina dan asap naik dari daerah yang ditargetkan.

Setidaknya satu pangkalan milik Hamas dan empat untuk Jihad Islam, sebuah kelompok sekutu, dipukul, sumber keamanan di Gaza mengatakan.

Kemudian pada hari itu, roket atau mortir selanjutnya dihadang oleh Israel dari Gaza, kata tentara. Itu diduga beberapa tembakan mortir yang ditembakkan sepanjang hari dipasok oleh Iran.

Militer Israel mengatakan pihaknya menanggapi dengan memukul lebih dari 35 "target militer" sepanjang hari, termasuk sebuah terowongan yang membentang ke wilayahnya, fasilitas penyimpanan senjata dan markas militan.

Militer Israel mengatakan tidak mencari eskalasi, tetapi memperingatkan Hamas, yang telah bertempur tiga perang sejak 2008.

"Mereka memiliki kemampuan, kontrol dan kekuatan untuk meningkatkan atau untuk mengurangi situasi, untuk mengendalikan Jihad Islam Palestina dan faksi ekstremis mereka sendiri di Hamas atau untuk meningkatkan situasi," kata juru bicara militer Jonathan Conricus.

Tidak ada klaim tanggung jawab atas tembakan mortir itu, tetapi ada spekulasi bahwa mereka ditembak oleh Jihad Islam sebagai pembalasan atas insiden baru-baru ini yang menyebabkan tiga anggotanya tewas.

Jihad Islam adalah kelompok bersenjata terbesar kedua di Gaza setelah Hamas, yang mengontrol daerah kantong. Conricus menduga Hamas juga terlibat.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan "apa yang dilakukan perlawanan pagi ini datang dalam kerangka hak alami untuk membela rakyat kita". (AFP/Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya