Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

CEGAH KECELAKAAN
Kamis, 31 Mei 2018 13:45 WIB

Direktur KPLP Perintahkan Seluruh UPT Laksanakan Quick Response Team


Ilustrasi foto kasus kecelakaan di Speedboat Reguler SB Rejeki Baru Kharisma yang terbalik dalam perjalanan Tarakan menuju Tanjung Selor, Kalimantan Utara, 25 Juli 2017 lalu.

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membentuk Quick Response Team (QRT) Terpadu serta inventarisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana penanggulangan musibah pelayaran.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi mengatakan, QRT merupakan tindaklanjut hasil Rapat Kerja Ditjen Perhubungan Laut 26 April 2018 lalu, yang dituangkan dalam Surat Edaran nomor UM.003/44/10/DJPL-18 tanggal 28 Mei 2018 yang ditandatangani Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo.

"Surat edaran ditujukan kepada para Pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk menginventarisasi sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana penanggulangan musibah pelayaran fungsi SAR, pemadam kebakaran, dan penanggulangan tumpahan minyak dan dimasukkan pada data base aset penanggulangan musibah pelayaran," jelas Junaidi.

Junaidi juga meminta masing-masing kepala UPT mengoptimalkan peran QRT dengan melibatkan seluruh potensi penanggulangan musibah di wilayah kerja masing-masing UPT termasuk SDM, sarana dan prasarana pada Terminal Khusus, Terminal Untul Kepentingan Sendiri, Badan Usaha Pelabuhan serta instansi pemerintah di pelabuhan.

Melalui surat edaran itu, Junaidi memerintahkan para pimpinan UPT berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penyusunan anggota dan aset penanggulangan musibah, pembentukan QRT pelabuhan serta SOP yang cepat, tepat, dan terkoordinasi.

"Surat Edaran ini agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan melaporkan pelaksanaannya pada kesempatan pertama kepada Dirjen Perhubungan Laut cq. Direktur KPLP," tutup Junaidi.(Ari)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya