Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

PERANG PERDAGANGAN
Kamis, 31 Mei 2018 16:05 WIB

Tiongkok Mengalah, AS Kirim Delegasi, "Sejumlah Tarif Komoditi Langsung Turun"


AFP

Bisnisnews.id - Tiongkok mengalah, tidak ada kenaikan tarif terhadap perdagangan dengan Amerika Serikat. Dua negara yang sebelumnya berseteru kini sudah sepakat menurunkan sejumlah tarif.

Penurunan tarif itu sendiri dilakukan Tiongkok dua hari setelah Gedung Putih mengatakan, sanksi perdagangan yang direncanakan terhadap China masih dalam pengerjaan meskipun pengumuman gencatan senjata setelah putaran pembicaraan sebelumnya pada awal Mei.

China mengancam akan membalas dengan tarif tit-to-tat pada puluhan miliar dolar dalam barang-barang AS.

Juru bicara kementerian perdagangan Cina, Gao Feng menjelaskan, ketegangan soal tarif mereda setelah Delegasi AS yang berjumlah 50 orang tiba di Beijing pada hari Rabu (30/5/2/018)

"Kami berharap bahwa kerjasama ekonomi dan perdagangan China dan AS dapat menguntungkan orang-orang di kedua negara, dan kami tidak ingin melihat gesekan perdagangan meningkat," kata Gao pada konferensi pers reguler.

Delegasi itu meletakkan dasar untuk kunjungan akhir pekan oleh Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross.

Administrasi Trump mengatakan Selasa bahwa sanksi AS diumumkan pada Maret - termasuk pembatasan investasi Cina, kontrol ekspor dan tarif 25 persen pada sebanyak $ 50 miliar dalam ekspor teknologi Cina - masih dalam pengembangan.

Gao mengecam proposal, mengatakan langkah-langkah AS untuk menerapkan pembatasan investasi dan kontrol ekspor terhadap China "tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dasar dan semangat WTO (Organisasi Perdagangan Dunia)".

"China akan hati-hati mengevaluasi langkah-langkah AS dan dampak yang relevan dan mempertahankan haknya untuk mengadopsi langkah-langkah yang relatif."

Secara terpisah, pemerintah China mengumumkan dalam sebuah pernyataan Rabu malam bahwa pihaknya akan memotong lebih lanjut tarif impor pada barang-barang konsumsi sehari-hari mulai 1 Juli.

Tarif rata-rata pakaian, sepatu dan topi, peralatan dapur, serta perlengkapan olahraga dan kebugaran akan berkurang dari 15,9 persen menjadi 7,1 persen.

Tingkat untuk peralatan rumah tangga seperti mesin cuci dan lemari es akan diturunkan dari 20,5 persen menjadi delapan persen.

Gao mengatakan China juga akan mempublikasikan "daftar negatif" investasi asing pada 30 Juni untuk mengurangi pembatasan di bidang termasuk energi, sumber daya, infrastruktur dan transportasi. Daftar negatif mencakup semua industri dengan pembatasan investasi asing.

Beijing sebelumnya mengatakan akan melonggarkan pembatasan investasi asing di perusahaan mobil, galangan kapal dan perusahaan pesawat.

Kantor berita Xinhua melaporkan, pada pertemuanyang dipimpin Perdana Menteri Li Keqiang, Dewan Negara atau kabinet memutuskan, China akan memperluas akses pasar melalui langkah-langkah yang lebih ramah investor asing.

"Kami harus meningkatkan kapasitas inovasi kami di babak pembukaan baru dan melihat bahwa semua kekayaan intelektual sepenuhnya dilindungi," kata Li.

Dikatakan, "tidak ada pemindahan teknologi yang dipaksakan yang akan dikenakan pada perusahaan-perusahaan investasi asing dan pelanggaran hak kekayaan intelektual (HAKI) akan dikenakan sanksi sepenuhnya terhadap hukum."

Donald Trump menuduh Cina memaksa perusahaan-perusahaan AS untuk menyerahkan rahasia industri mereka kepada perusahaan-perusahaan China untuk melakukan bisnis di negara itu, tuduhan yang ditolak Beijing.

Dalam langkah-langkah lain yang diumumkan oleh Xinhua, pedagang luar negeri akan didorong untuk berpartisipasi dalam perdagangan berjangka minyak mentah dan bijih besi.

Langkah-langkah yang berat akan diambil untuk menghukum pelanggaran, pemalsuan, pelanggar rahasia komersial dan penghuni liar merek dagang. (AFP/Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya