Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

TRANSPORTASI UDARA
Jumat, 01 Juni 2018 06:11 WIB

Infrastruktur Kurang Memadai, AirAsia Indonesia Berharap Ada Terminal Khusus LCC


Dirut AirSIA Indonesia, Dendy Kurniawan (tengah) menilai, infrastruktur bandar udara kurang memadai. (Foto: BN)

Bisnisnews. id - Maskapai AirAsia Indonesia menilai, masalah krusial yang dihadapi transportasi penerbangan sipil di Indonesia sekarang ini bukan pada pengadaan pesawat, tapi infrastruktur yang kurang memadai.

Seperti kapasitas terminal, appron, landasan pacu (run way) dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk didalamnya garbarata. Kondisi ini bukan saja terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tapi juga bandara lain yang berada di kota-kota besar di Indonesia.

Direktur Utama PT AirAsia Indonesia Tbk, Dendy Kurniawan mengatakan, sekarang ini jangan ditanya jumlah armada yang dimiliki maskapai, tapi berapa besar kapasitas bandara mampu menampung pesawat yang take off dan landing.

Kendati diakui, sekarang ini PT Angkasa I dan II tengah mengembangkan kapasitas bandara, dengan membangun terminal baru, perluasan terminal, perluasan appron dan penambahan landasan pacu (runway). Namun dia berharap, pengembangan itu disesuaikan pada kebutuhan yang ada di masa depan.

"Sekarang jangan ditanya berapa maskapai memiliki pesawat tapi berapa kapasitas tersedia di bandara. Kalau kami terus mengadakan pesawat baru, mau parkir dimana ? " kata Dandy, Kamis (31/5/2018) malam pada awak media usai acara berbuka puasa bersama di Jakarta.

Terminal LCC

Penyesuaian pengembangan terminal baru di bandara, tuturnya, juga harus melihat pada kebutuhan pasar. Di Indonesia, penumpang pesawat udara umumnya memburu tiket berbiaya hemat, tapi terminal penumpang yang khusus melayani 'low cost carrier'atau LCC tidak tersedia.

"Kami si berharap, rencana pembangunan terminal 4, diperuntukan untuk LCC. Selain itu ada peluang bagi maskapai, seperti AirAsia Indonesia ikut andil dalam pembangunan terminal," kata Dandy.

Berapa besar investasi yang akan disiapkan, kata Dandy, nanti menunggu penawaran dari pihak PT Angkasa Pura II. " Kalau dibukan penawaran kita masuk," jelasnya.

Terminal khusus LCC sangat di butuhkan, karena Jakarta belum memilikinya. "Kalau terminal 4 yang akan dibangun itu khusus untuk melayani LCC, sangat bagus," kata Dandy.

Sebelumnya dia juga berharap, ketika ada pemindahan pelayanan maskapai dari terminal 2 ke terminal 3 ultimate, terminal 2 akan direvitalisasi menjadi terminal khusus LCC. "Tapi kalau ada pilihan terminal 2 atau terminal 4 yang dikhususkan untuk LCC, tentu kami memilih terminal 4," harapnya.

Pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara setiap tahun terus meningkat, karena itu sangat perlu disiapkan terminal LCC. Terminal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, maupun bandara lainnya adalah full service. Padahal, terminal LCC itu, konsepnya lebih hemat, terminalnya lebih terbuka, megurangi energi listrik, sehingga lebih memanfaatkan penerangan dari luar yang lebih hemat.

Namun yang ada sekarang ini, pelayanan maskapainya LCC namun terminalnya full service, sehingga penumpang tetap dibebani tarif pelayanan jasa penumpang udara (PJP2U) atau passengger service charge (PSC) lebih tinggi atau sama dengan layanan full service. Dia mencontohkan seperti di termnal 3 ultimate bandara innternasional Soekarno-Hatta. (Syam S)

 

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya