Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

MUDIK LEBARAN
Minggu, 03 Juni 2018 16:26 WIB

Memasuki Puncak Mudik Lebaran, Pertumbuhan Penumpang Transportasi Udara Naik 10 Persen


Menhub Budi didanpingi Dirut PT AP II Muhamad Awaludin saat melakukan pemeriksaan roda pesawat di terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (3/6/2018)
Bisnisnews.id - Setelah dua mingu puasa Ramadhan atau sampai H - 12 lebaran, pertumbuhan penumpang angkutan udara melalui bandara internasional Soekarno-Hatta Cengkareng meningkat signifikan. Menhub Budi karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan terus memaksimalkan sarana dan prasarana bersama stakeholder terkait.
 
Peertumbuhan penumpang memasuki puncak kudik lebaran naik siginifkan, buka saja di Bandara Soekarno-Hatta tapi juga bandara lain. Rata-rata kenaikan sekitar 10 persen dan kenaikan ini, ungkap menhub Budi, berada di atas rata-rata pertumbuhan dunia bahkan tertinggi.
 
"Prediksi rata-rata pertumbuhan penumpang kurang lebih 10 persen karena pertumbuhan ini terjadi di berbagai wilayah. Seperti di Indonesia bagian timur terdapat pertumbuhan penumpang lebih dari 15 persen, Indonesia bagian barat 6-7 persen jadi rata-rata keseluruhannya sebesar 10 persen. Ini merupakan suatu pertumbuhan diatas rata rata dunia bahkan mungkin termasuk yg tertinggi," kata Menhub Budi usai meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (3/6/2018).
 
Prediksi jumlah penumpang selama dua minggu kedepan, terutama kawasan Indonesia bagian barat  sebanyak 5,68 juta penumoang dengan pertumbuhan 10 persen. Jumlah tersebut dihitung dari periode 7 Juni sampai 24 Juni 2018. 
 
"Diukur berdasarkan jumlah kursi yang ada, biasanya seat itu relatif terpenuhi semua," tuturnya. Saat ini, lanjutnya, secara infrastruktur  transportasi udara sudah jauh lebih maju
 
Kata dia, beberapa hal yang sudah dicek. Tentunya ada yang sifatnya umum di mana kesiapan bandara-bandara sudah lebih bagus bahkan ditegaskan, dari 35 bandara yang dikontrol terdaftar 12 bandara yang dikontrol lebih detail oleh Airnav. 
 
Dalam mengantisipasi terus melonjaknya permintaan, Kemenhub memberikan penerbangan tambahan keada operaor penerbangan, bukan saja di Bandara Soekarno-Hatta tapi juga bandara lain yang tingkat permintaannya tinggi. Menhub pun menugaskan Airnav untuk berkoordinasi dengan semua maskapai.
 
Menhub juga berpesan bahwa para operator maskapai penerbangan harus sesuai dengan slot time yang diajukan. Bila tidak dijalani harus disampaikan 24 jam sebelumnya atau dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku. 
 
"Berkaitan dengan tarif ada hoax, dikatakan tarif tinggi Jakarta-Surabaya harganya mencapai Rp 4 juta itu tidak benar. Berdasarkan ketentuan maksimal tarif maskapai tersebut adalah 1,3 juta atau PP sebesar 2,6 juta. Saya telah mengatakan kepada operator maskapai penerbangan menetapkan tarif usahakan jangan sampai ke batas atas," ungkap Menhub.
 
Menhub juga melakukan rampcheck pada salah satu pesawat. Menhub menuturkan bahwa sudah ada 400 pesawat yang telah dilakukan rampcheck. "Rampcheck adalah suatu upaya yang kita lakukan dengan konsisten. Sudah ada 400 pesawat yang kita rampcheck dari 500 pesawat. Saya harapkan ini berjalan dengan baik. Saya minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk segera menyelesaikan 90 pesawat dalam 1-2 hari," pungkas Menhub. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya