Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Senin, 11 Juni 2018 16:04 WIB

Ditjen Perbubungan Udara Periksa 468 Pesawat



Bisnisnews.id  -  Hingga H-5 angkutan lebaran, Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan rampcheck sebanyak 1.026 pemeriksaan terhadap 468 pesawat maskapai nasional (beregistrasi PK) sejak 1 Mei hingga  9 Juni 2018

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, tidak banyak temuan dalam pemeriksaan. Temuan kecil tidak menggangfu keselamatan dan operasional penerbangan

"Dari hasil rampcheck, semua pesawat layak terbang. Temuan-temuannya sangat kecil dan sebagian besar sudah langsung diperbaiki dan disampaikan surat pemberitahuan kepada Operator terkait," ujarnya.

Beberapa temuan kecil dan sudah langsung ditangani tersebut di antaranya adalah Nose Wheel Spot dan Deep Cut; Placard hilang atau tidak terbaca; Lampu kargo tidak menyala; Lampu Cabin Tidak menyala; Lanyard pada Cargo rusak; Cat Radome terkelupas; dan Arm rest rusak.

Menurut Agus, dari hasil rampcheck tersebut dapat disimpulkan bahwa total sebanyak 490 pesawat yang akan dipakai maskapai penerbangan nasional untuk melayani angkutan mudik dan balik selama Lebaran tahun ini adalah layak terbang ( Serviceable).

Jumlah Pesawat yang laik terbang pada masing – masing Operator adalah sebagai berikut :

Garuda Indonesia 142 pesawat; Citilink Indonesia 52 pesawat; Sriwijaya Air 36 pesawat; NAM Air 15 pesawat; Lion Air 100 pesawat; Batik Air 48 pesawat; Wings Air 52 pesawat; Indonesia Air Asia 15 pesawat; Indonesia Air Asia Extra 9 pesawat; Trigana Air 11 pesawat; Travel Express Aviation 4 pesawat; dan Transnusa Aviation Mandiri 6 pesawat.

"Selain pada pesawat, kami juga melakukan rampcheck pada kru yang bertugas yang terdiri dari pilot, perencana penerbangan (FOO) dan awak kabin. Maskapai yang diperiksa krunya adalah Garuda, Lion, Batik, Wings, Sriwijaya, NAM, Indonesia AirAsia Xtra, Indonesia AirAsia, Citilink, Ekspress dan TransNusa. Dari total 3844 pilot, 1068 FOO dan 8769 awak kabin, semuanya laik terbang," ujar Agus lagi.

Pemeriksaan langsung dilakukan terhadap lisensi kru. Sedangkan pemeriksaan surveillance dilakukan terkait Flight Duty Time, Rest Period, Recurrent dan Mandatory Training.

Agus menjelaskan kegiatan rampcheck terbagi rampcheck  atas persiapan Lebaran (1 Mei s/d 06 Juni 2018) dan selama Lebaran (07 Juni s/d 24 Juni 2018).

Rampcheck dilaksanakan oleh gabungan Inspektur Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU)  yang ada pada Direktorat KPPU dan Kantor Otoritas Bandar Udara seluruh Indonesia.

Inspektur tersebut terdiri dari inspektur Operasi Pesawat Udara 88 Orang, Inspektur Perawatan Pesawat Udara 54 Orang, Cabin Safety Inspector 12 Orang dan FOO Inspector 4 Orang.

Rampcheck persiapan Angkutan Lebaran  dilaksanakan pada 17 lokasi Bandar Udara yaitu Soekarno Hatta, Halim Perdanakusuma, Kualanamu Medan, Makasar, Denpasar, Lombok, Manado, Ende, Gorontalo, Gunung Sitoli, Kupang, Labuan Bajo, Manokwari, Nabire, Riau, Sentani dan  Ternate.

Sedangkan pelaksanaan rampcheck Lebaran  dilakukan pada maskapai penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal di 36 Lokasi Bandara, yaitu Soekarno Hatta, Halim Perdanakusuma, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Balikpapan, Denpasar, Lombok, Manado, Makassar, Medan, Ambon, Padang, Banjarmasin, Palembang, Batam, Palangkaraya, Tarakan, Pekanbaru, Banda Aceh, Kupang, Lampung, Pontianak, Jayapura, Pangkal Pinang, Biak, Gorontalo, Sorong, Jambi, Palu, Ternate, Tanjung Pinang, Bengkulu dan Kendari. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya