Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

KERUSAKAN KAPAL
Selasa, 12 Juni 2018 20:14 WIB

Ditjen Hubla Jamin, Distribusi Logistik di Kawasan Ambon dan Maluku Tidak Terganggu


Inilah KM Tanjung Kabat andalan masyarakat Maluku dan Ambon yang mengalami kerusakan

Bisnisnews.id -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memastikan  distribusi barang kebutuhan dari Ambon ke beberapa daerah di Kabupaten Buru Selatan, Maluku berjalan lancar dan normal.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, Henry Tondang mengatakan,  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan dukungan terhadap distribusi barang kebutuhan atau logistik melalui program tol laut dan kapal perintis.

"Armada tol laut sudah masuk ke Ambon dengan trayek T-7 melalui Namlea dan trayek T-15 melalui Namrole. Sedangkan untuk armada perintis sudah ada 8 trayek Sabuk Nusantara di Ambon yaitu R 46, 47, 48, 49, 50, 51, 52 dan 53," ujar Henry.

Menurut Henry, Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap keberlangsungan logistik di Indonesia Wilayah Timur. Jika ada permasalahan terkait distribusi logistik tentunya Pemerintah tidak tinggal diam agar memastikan jalur distribusi logistik tetap lancar.

"Beberapa waktu lalu, kapal perintis trayek R53 yang masuk ke Kecamatan Pulau Ambalau yaitu KM Manusela perlu masuk dok untuk perawatan rutin dan Ditjen Perhubungan Laut segera menyiapkan kapal cadangan yaitu KM. Kinei agar distribusi logistik tetap berjalan lancar," ungkap Henry.

Dia mencontohkan, peristiwa rusaknya kapal cepat swasta KM Elizabeth yang melayani wilayah Ambon. Namun bisa diatasi dengan dua unit kapal pengganti,  yaitu KM. Torpedo dan KM. Express bahari yang dioperasikan  pihak swasta, PT. Dharma Indah agar pelayanan tidak terhenti.

Kapal Penyeberangan Rusak

Seperti diberitakan,  pada  hari Senin (11/6/2018) kapal perintis reguler KM Tanjung Kabat  yang melayani masyarakat Pulau Ambalau (73 mil dari Ambon) untuk mengangkut barang kebutuhan mengalami kerusakan.

Namun sekarang ini, tutur Henry, seluruh barang masyarakat dilintasan itu sudah bisa diatasi dengan memanfaatkan kapal-kapal yang ada dan siaga penuh mengatasi  gangguan.

"Jadi kapal tol laut dan kapal perintis reguler selalu siap namun karena kapal KMP. Tanjung Kabat yang menjadi andalan masyarakat Pulau Ambalau rusak, maka distribusi barang kebutuhan mereka menjadi terhambat padahal ada kapal lainnya yang bisa menjadi pilihan dalam distribusi barang kebutuhan," ujar Henry.

Henry juga menyampaikan agar masyarakat dapat memanfaatkan kapal-kapal lain yang sudah disiapkan Pemerintah agar distribusi barang kebutuhan tetap berjalan lancar dan normal.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Kepala BPTD Wilayah XXIII Maluku, Herman, agar kapal KMP. Tanjung Kabat yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bipolo Gidin agar dapat segera dioperasikan kembali sesuai trayeknya atau dicarikan penggantinya," kata Henry.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengatakan,  pemerintah selalu memiliki rencana cadangan bila dilapangan ditemukan permasalahan yang terjadi terkait permasalahan ketersediaan kapal pengangkut logistik.

"Kita ada kapal tol laut dan juga kapal perintis yang masuk ke wilayah Maluku dan itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Maluku khususnya Ambon. Jika sekiranya masih kurang pasokan logistik ke Pulau Ambalau, kami akan melakukan omisi atau deviasi kapal perintis trayek lain yang ada di sana agar distribusi logistik tetap berjalan lancar sambil menunggu kapal penyeberangan KMP. Tanjung Kabat beroperasi kembali," kata Dirjen Agus.

Kata Dirjen Agus pentingnya sinergi antara Pemda Ambon dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut untuk mengantisipasi permasalahan kekurangan kapal untuk mengangkut logistik. (Rayza/Syam S)


Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya