Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

MUDIK LEBARAN
Selasa, 12 Juni 2018 21:31 WIB

Volume Penjmlang di Bandara Soetta dan Halim Naik Signifikan



Bisnisnews.id - Pertumbuhan penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno Hatta pada musim mudik lebaran memgalami pertumbuhan signifikan dalam empat hari terahir.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan,  rata-rata oenumlang di bandara Soekarno-Hatta  rata-rata 200 ribu pnumpang atau tumnuh 13 oersen. Di Halim  tumbuh 16 oersen dibanding periode yabg sama tahun lalu.

“Saya meninjau Bandara Halim dan ternyata memang empat hari ini terjadi peak seasons. Di Bandara Halim Perdanakusuma ini pertumbuhan penumpang dibandingkan tahun lalu itu 16% sedangkan di Bandara Soekarno-Hatta itu 13 persen. Di Bandara Soekarno-Hatta menembus rekor dalam empat hari itu ada 830 ribu penumpan jadi satu harinya lebih dari 200 ribu,” rinci Menhub.

Guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, di Bandara Halim Perdanakusuma Menhub sempat melakukan ramp check terhadap salah satu pesawat. Terkait hal ini Menhub menyebut Kementerian Perhubungan telah berhasil melakukan ramp check atau uji kelaikan terhadap seluruh pesawat selama masa angkutan Lebaran.

“Tadi saya cek penumpang semua happy saya juga rampcheck tadi pada pesawat Citilink cukup baik dan occupancy atau persentase yang sudah dilakukan ramp check sampai hari ini sudah 100 persen ,” sebut Menhub.

Terkait hal ini Menhub berjanji akan terus melakukan ramp check dengan harapan pelaksanaan mudik Lebaran dapat berjalan dengan baik.

Lanjut Menhub, selain ramp check yang telah mencapai 100% hal positif lainnya adalah sampai hari ini telah terjadi penurunan jumlah pemudik sepeda motor dan jumlah kecelakaan.

“Sepeda motor kita himbau tidak dilakukan sampai hari ini jumlah pemudik motor itu turun. Angka yang kita lihat di Jawa Barat dan Jawa Barat ini mewakili, sepeda motor turun, roda empat naik, kecelakaan turun, kecepatan naik, kepadatan turun jadi semuanya positif sampai hari ini, kita lihat 2 hari mendatang seperti apa,” ujar Menhub.

Selain ramp check terhadap pesawat, Menhub juga fokus terkait kelaikan bus dan truk. Untuk itu Menhub berjanji akan melarang beroperasi bus atau truk yang belum mendapatkan stiker tanda lulus uji.

Hal positif lainnya Menhub juga memastikan tidak ada lagi kapal kargo/barang yang digunakan untuk menangkut orang pada tahun ini. Kementerian Perhubungan tahun ini telah menyediakan lima  kapal tambahan untuk mendukung kelancaran arus mudik di Surabaya dan Madura.

“Kalau tahun lalu kapal barang dipakai untuk manusia, tahun ini tidak ada lagi kapal barang yang digunakan angkutan Lebaran, semua Pemda sudah melakukan menggunakan kapal yang baik,” ucapnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya