Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Kamis, 14 Juni 2018 16:09 WIB

Pemerintah Siapkan 24 Titik Rest Area Untuk Arus Balik Semarang -Jakarta


Ilustrasi foto, Menhub saat melakukan rampcheck di bandara soekarno-Hatta

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memgatakan,  pada arus balik lebaran Semarang - Jakarta  nanti akan disiapkan fasilitas  24  titik rest area.

“Dari yang kita konsolidasikan, ada 24 rest area dan tempat parkir dari Semarang sampai dengan Jakarta.  12 dari Semarang sampai Cikampek  dan 12 lagi dari Cikampek sampai dengan Jakarta,” ujar Menhub Budi dalam Rapat Koordinasi Antisipasi Menghadapi Arus Balik Lebaran 2018  di Kantor Korlantas Polri, Kamis (14/6/2018).

Rapat koordinasi juga diputuskan untuk melakukan kampanye kuliner, dengan cara mempromosikan makanan atau oleh-oleh khas masing-masing daerah pada kota-kota di sepanjang jalur mudik. Hal ini ditujukan agar pemudik tertarik dan menjadikan tempat makan atau tempat penjualan oleh-oleh menjadi tempat beristirahat mereka.

“Secara khusus kami akan membuat suatu kampanye kuliner, dimana masing-masing kota dengan kearifan lokalnya ini menjadi suatu bagian yang menyeimbangkan kegiatan ritual akbar ini dengan menjadi kegiatan wisata yang baik,” terang Menhub Budi.

Puncak arus balik di prediksi terjadi
pada 19 dan 20 Juni. Dirjen Perhubungan Darat akan memberikan himbauan kepada stakeholder terkait agar kendaraan sumbu tiga tidak melalui jalur tol baik ruas tol operasional maupun ruas tol fungsional pada tanggal tersebut.

“Puncak mudik balik terjadi pada 19-20, oleh karenanya kita menambahkan untuk kendaraan 3 sumbu nanti akan dibuat surat edaran oleh Dirjen Darat kepada para stakeholder, untuk menghimbau agar kendaraan sumbu tiga tidak melalui jalur-jalur  tol dan tol fungsional,” jelas Menhub.

Selain itu, Menteri Perhubungan juga meminta kepada para operator masing-masing rest area agar meningkatkan fasilitas yang ada. Seperti memperbanyak jumlah toilet serta mempersiapkan agar toilet-toilet lebih bersih dan dijaga dengan baik.
 
“Hal lain yang kita mintakan kepada masing-masing pihak operator, agar meningkatkan kualitas dari masing-masing rest area. Artinya kalau memang memiliki toilet, agar toilet disiapkan lebih banyak, lebih bersih, dan dijaga dengan baik,” tutur Menhub.

Terakhir, Menhub Budi berharap agar para pedagang kaki lima yang tersebar di sepanjang jalur arus mudik dan balik dikumpulkan. Akan dilakukan koordinasi dengan Walikota dan Bupati setempat untuk mendukung hal tersebut.

“Kita juga menyarankan agar PKL-PKL  yang semuanya tersebar dimana mana, dikumpulkan. Kita akan menghubungi Walikota dan Bupati bahwa untuk kampanye ini agar mereka juga pro aktif melakukan kegiatan-kegiatan ini,” jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya