Senin, 20 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / / Berita

KESRA
Rabu, 14 Desember 2016 11:58 WIB

Lingkungan  Yang Baik Buat Pejalan Kaki



Bisnisnews.id-Pemerhati transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, lingkungan pejalan kaki yang baik harus melindungi para pejalan kaki dari kendaraan bermotor. Trotoar harus disediakan, bebas hambatan, berkesinambungan, teduh dan terang.

" Kita semua adalah pejalan kaki. Berjalan kaki adalah cara yg paling alami, terjangkau dan sehat utk bepergian. Namun memerlukan lebih dari sekedar tungkai dan kaki. Berjalan.kaki membutuhkan jalan yg nyaman, sebagal instrumen dasar kota yg berkelanjutan," kata aktifis MTI  itu Rabu (14/12/2016) di Jakarta.

Kata Djoko, Singapura terkategori wilayah yang dekat dengan khatulistiwa. Namun, warga di sana terbiasa berjalan kaki. Karena fasilitas pejalan kakinya nyaman dilindungi pepohonan yang rindang, sehingga tidak terasa begitu panas melewatinya.

Penyeberangan harus dibuat lebih aman dengan membuat rambu-rambu penyeberangan yang jelas bahi pejalan kaki, lapak tunggu,  guna mengurangi jarak penyeberangan.

Aksesibilitas bagi penyandang disabilitas jg hrs diberikan. Seringkali penyandang disabilitas kesulitan menggunakan trotoar, krn dipasang tiang penghalang setinggi satu meter. Tiang penghalang berfungsi untuk menghalangi penyalahgunaan trotoar sbagai  jalur berkendara sepeda motor.

Agar penyandang disabilitas dapat menggunakan trotoar, tetap pesepeda motor terhalang, dapat memasang PORTAL S.

Kota-kota di negara maju memikili jalan-jalan yg nyaman utk berjalan kaki. Kota yg sukses dimulai dari lingkungan pejalan kaki yang memadai. (Jamal/Syam Sk)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
SEPAKBOLA
Anez Antar Suriah Kalahkan Timnas Senior Indonesia

Bisnisnews.id -  Tim nasional Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari tim nasional U-23 Suriah dalam laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu. Gol timnas U-23 dalam laga tersebut dicetak Mouhamad . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
BALAP SEPEDA
Deklarasi KOSTI Ngawi Tuntut Realisasi Hari Bersepeda Nasional

Bisnisnews.id - Pada hari Sabtu, tanggal 18 November 2017, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Ngawi mendeklarasikan dukungan secara penuh terwujudnya Hari Bersepeda Nasional. Dalam deklarasi yang dicetuskan bersamaan dengan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
LIGA INGGRIS
Mourinho Duetkan Ibrahimovic Dan Lukaku Hadapi Newcastle

Bisnisnews.id - Jose Mourinho berencana  menggunakan formasi 3-5-2 dengan menduetkan Romelu Lukaku dan Zlatan Ibrahimovic saat menghadapi Newcastle United di Old Trafford. Mourinho yakin Romelu Lukaku dan Ibrahimovic bisa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
BALAP SEPEDA
GPN Etape Ngawi, Kuatkan Tekad Pecanangan Hari Bersepeda Nasional

Bisnisnews.id - Pelaksanaan Etape ke-88 perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang merupakan salahsatu program unggulan Kemenpora di bawah gerakan "Ayo Olahraga" makin menguatkan tekad pecanangan  Hari Bersepeda Nasional. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
ASIAN GAMES 2018
Tinjau Pelatnas Angkat Besi, Wapres JK Sinkronkan Tiga Aspek Persiapan

Bisnisnews.id -  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, panitia pelaksana Asian Games 2018 terus berusaha untuk menyingkronkan aspek sarana, penyelenggaraan dan prestasi demi mewujudkan sukses Indonesia dalam pesta olahraga . . .
Selengkapnya