KESRA
Lingkungan  Yang Baik Buat Pejalan Kaki


Bisnisnews.id-Pemerhati transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, lingkungan pejalan kaki yang baik harus melindungi para pejalan kaki dari kendaraan bermotor. Trotoar harus disediakan, bebas hambatan, berkesinambungan, teduh dan terang.

" Kita semua adalah pejalan kaki. Berjalan kaki adalah cara yg paling alami, terjangkau dan sehat utk bepergian. Namun memerlukan lebih dari sekedar tungkai dan kaki. Berjalan.kaki membutuhkan jalan yg nyaman, sebagal instrumen dasar kota yg berkelanjutan," kata aktifis MTI  itu Rabu (14/12/2016) di Jakarta.

Kata Djoko, Singapura terkategori wilayah yang dekat dengan khatulistiwa. Namun, warga di sana terbiasa berjalan kaki. Karena fasilitas pejalan kakinya nyaman dilindungi pepohonan yang rindang, sehingga tidak terasa begitu panas melewatinya.

Penyeberangan harus dibuat lebih aman dengan membuat rambu-rambu penyeberangan yang jelas bahi pejalan kaki, lapak tunggu,  guna mengurangi jarak penyeberangan.

Aksesibilitas bagi penyandang disabilitas jg hrs diberikan. Seringkali penyandang disabilitas kesulitan menggunakan trotoar, krn dipasang tiang penghalang setinggi satu meter. Tiang penghalang berfungsi untuk menghalangi penyalahgunaan trotoar sbagai  jalur berkendara sepeda motor.

Agar penyandang disabilitas dapat menggunakan trotoar, tetap pesepeda motor terhalang, dapat memasang PORTAL S.

Kota-kota di negara maju memikili jalan-jalan yg nyaman utk berjalan kaki. Kota yg sukses dimulai dari lingkungan pejalan kaki yang memadai. (Jamal/Syam Sk)

 

0 COMMENTS

Leave a Comment

Masuk Dengan Sosial Media




Comments

Video +

Regulasi +