Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / / Berita

KESRA
Rabu, 14 Desember 2016 11:58 WIB

Lingkungan  Yang Baik Buat Pejalan Kaki



Bisnisnews.id-Pemerhati transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, lingkungan pejalan kaki yang baik harus melindungi para pejalan kaki dari kendaraan bermotor. Trotoar harus disediakan, bebas hambatan, berkesinambungan, teduh dan terang.

" Kita semua adalah pejalan kaki. Berjalan kaki adalah cara yg paling alami, terjangkau dan sehat utk bepergian. Namun memerlukan lebih dari sekedar tungkai dan kaki. Berjalan.kaki membutuhkan jalan yg nyaman, sebagal instrumen dasar kota yg berkelanjutan," kata aktifis MTI  itu Rabu (14/12/2016) di Jakarta.

Kata Djoko, Singapura terkategori wilayah yang dekat dengan khatulistiwa. Namun, warga di sana terbiasa berjalan kaki. Karena fasilitas pejalan kakinya nyaman dilindungi pepohonan yang rindang, sehingga tidak terasa begitu panas melewatinya.

Penyeberangan harus dibuat lebih aman dengan membuat rambu-rambu penyeberangan yang jelas bahi pejalan kaki, lapak tunggu,  guna mengurangi jarak penyeberangan.

Aksesibilitas bagi penyandang disabilitas jg hrs diberikan. Seringkali penyandang disabilitas kesulitan menggunakan trotoar, krn dipasang tiang penghalang setinggi satu meter. Tiang penghalang berfungsi untuk menghalangi penyalahgunaan trotoar sbagai  jalur berkendara sepeda motor.

Agar penyandang disabilitas dapat menggunakan trotoar, tetap pesepeda motor terhalang, dapat memasang PORTAL S.

Kota-kota di negara maju memikili jalan-jalan yg nyaman utk berjalan kaki. Kota yg sukses dimulai dari lingkungan pejalan kaki yang memadai. (Jamal/Syam Sk)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
SERANGAN KABUL
Taliban Serang Hotel Intercontinental, Enam Tewas

Bisnisnews.id - Orang-orang bersenjata menyerbu sebuah hotel mewah di Kabul dan membunuh setidaknya 6 orang dalam pertempuran 12 jam yang membuat sebagian bangunan terbakar. Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di . . .
Selengkapnya