Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Gaya Hidup / / Berita

Rabu, 14 Desember 2016 11:58 WIB

Lingkungan  Yang Baik Buat Pejalan Kaki



Bisnisnews.id-Pemerhati transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, lingkungan pejalan kaki yang baik harus melindungi para pejalan kaki dari kendaraan bermotor. Trotoar harus disediakan, bebas hambatan, berkesinambungan, teduh dan terang.

" Kita semua adalah pejalan kaki. Berjalan kaki adalah cara yg paling alami, terjangkau dan sehat utk bepergian. Namun memerlukan lebih dari sekedar tungkai dan kaki. Berjalan.kaki membutuhkan jalan yg nyaman, sebagal instrumen dasar kota yg berkelanjutan," kata aktifis MTI  itu Rabu (14/12/2016) di Jakarta.

Kata Djoko, Singapura terkategori wilayah yang dekat dengan khatulistiwa. Namun, warga di sana terbiasa berjalan kaki. Karena fasilitas pejalan kakinya nyaman dilindungi pepohonan yang rindang, sehingga tidak terasa begitu panas melewatinya.

Penyeberangan harus dibuat lebih aman dengan membuat rambu-rambu penyeberangan yang jelas bahi pejalan kaki, lapak tunggu,  guna mengurangi jarak penyeberangan.

Aksesibilitas bagi penyandang disabilitas jg hrs diberikan. Seringkali penyandang disabilitas kesulitan menggunakan trotoar, krn dipasang tiang penghalang setinggi satu meter. Tiang penghalang berfungsi untuk menghalangi penyalahgunaan trotoar sbagai  jalur berkendara sepeda motor.

Agar penyandang disabilitas dapat menggunakan trotoar, tetap pesepeda motor terhalang, dapat memasang PORTAL S.

Kota-kota di negara maju memikili jalan-jalan yg nyaman utk berjalan kaki. Kota yg sukses dimulai dari lingkungan pejalan kaki yang memadai. (Jamal/Syam Sk)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya