Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Budaya / Berita

Jumat, 30 Desember 2016 18:28 WIB

Makassar Sabet Juara Pertama Gebyar Budaya Nusantar 2016



Bisnisnews.id-Yayasan citra prestasi dan budaya Indonesia nobatkan Makassar sebagai juara pertama busana adat senusantara, yang berlangsung di Thamrin City Jakarta, Kamis (29/12/2016) lalu.

Ketua Yayasan Citra Prestasi Dan Budaya indonesia, Murni E.Sugendha menjelaskan, kegiatan ini digelar untuk mengembalikan rasa cinta dan peduli kalangan generasi muda Indonesia terhadap beragam adat dan budaya Nusantara

" Tujuannya untuk melestarikan budaya bangsa pada seluruh provinsi di Indonesia,"  kata Murni.

Menurutnya, acara ini diadakan sekali dalam setahun, namun tahun ini, acara yang memperebutkan piala Kepala Sub Dinas (Kasudin) Kebudayaan Jakarta Barat, di selenggarakan  dua kali.

" Negara Kesatuan Republik Indonesia harus di jaga, walaupun budaya kita berbeda-beda tetapi kita harus tetap bersatu," jelasnya.

Lomba ini diikuti peserta dari berbagai daerah. Diantaranya, Sulaweai Selatan, Nusa Tenggara Timur, Papua, Ambon , Lampung, Palembang, Betawi dan beberapa propinsi lainnya.

Para peserta, selain hadir mewakili daerahnya  juga  sejjmkah sanggar. Yaitu,  Puri Ranggapati, Sanggar Palapa, Erick Modelling, Sanggar Gamalama, Anjungan Maluku Utara, Anjungan Sulawesi Selatan, Anjungan NTT, Vivi Production Manado, Sanggar flobamora dan Sanggar Putri Renggans.

" Harapan saya kedepan, adalah kita harus dan wajib melestarikan budaya indonesia agar kelak anak cucu kita tidak lupa akan budaya bangsanya sendiri," kata Murni. ((Ire/Dewi)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
SERANGAN KABUL
Taliban Serang Hotel Intercontinental, Enam Tewas

Bisnisnews.id - Orang-orang bersenjata menyerbu sebuah hotel mewah di Kabul dan membunuh setidaknya 6 orang dalam pertempuran 12 jam yang membuat sebagian bangunan terbakar. Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di . . .
Selengkapnya