Senin, 21 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

BUMBU DAPUR
Senin, 09 Januari 2017 11:14 WIB

Harga Cabai Rawit di Sejumlah Daerah Naik Hingga Rp 120 Ribu/Kg




Bisnisnews.id-Bagaimana rakyat kecil tidak menjerit, kalau setiap hari harga sayur-mayur dan sembako di sejumlah pasar tradisional terus naik. Bahkan di Kabupaten Tabanan Bali harga cabai rawit meroket alias pindah harga, dari sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram. 

Bahkan di Makassar Sulawesi Selatan, harga cabe rawit merah yang menjadi idola ibu-ibu rumah tangga sempat tembus ke angka Rp 120 ribu. Padahal sebelumnya,   tidak lebih dari Rp 30 ribu.

Harga cabai rawit naik merata, mulai dari Solo (Jawa Tengah), Tabanan (Bali), Malang (Jawa Timur), Palu (Sulawesi Tengah), termasuk juga di Papua serta Jakarta masih tinggi karena pasokan masih rendah.

Kantor Berita Antara menyebutkan, di Pasar Tradisional Kleco Solo, hari ini terpantau harga cabai rawit merah dijual Rp100 ribu per kilogram, sedang cabai merah besar harganya Rp30 ribu per kilogram dan harga rawit hijau Rp50 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya antara Rp 15 ribu sampai Rp20 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Pasar, Perdagangan dan Perindustrian Kota Surakarta Subagyo mengatakan akan melakukan koordinasi dengan daerah sentra produksi yang surplus cabai untuk memasok komoditas itu ke daerahnya guna menstabilkan harga.

Stok cabai di pasar menipis, dan harganya sangat tinggi. Kalau kondisi normal cabai rawit merah hanya dijual sekitar Rp25 ribu per kilogram hingga Rp30 ribu per kilogram.

Hingga saat ini belum ada langkah-langkah serius pemerintah untuk meringankan beban masyarakat keil terhadap kebutuhan dapur tesebut. Pihak Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, saat dihubungi mengaku sedang sibuk rapat. (Mal/Syam Sk)


Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Mourinho: Chelsea Juara Piala FA Dengan 9 Pemain Bertahan

Bisnisnews.id – Tumpulnya lini serang Manchester United, dikonfirmasi oleh sang pelatih Jose Mourinho akibat dari hilangnya sosok Romelu Lukaku pada saat pertandingan final Piala FA di Stadion Wembley, (19/5/2018).   “Agak . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Klopp Dambakan Pertemuan Dengan Zidane

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku bahwa dirinya sudah tidak sabar menghadapai Real Madrid yang ditukangi Zinedine Zidane dalam final Liga Champions 2017/2018 yang akan diselenggarakan di Stadion Olimpiade . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
MASKAPAI ASING
Ethopian Terbangi Langit Jakarta Mulai 17 Juli 2018

Bisnisnews.id - Ethiopian Airlines akan meluncurkan layanan tiga kali seminggu ke Jakarta pada 17 Juli. Rute tersebut akan diterbangkan oleh pesawat B787-8 Dreamliner mewakili koneksi pertama antara Afrika dan Indonesia. CEO Ethiopian . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 21 Mei 2018
MUBALIG
Menag Dinilai Salah Langkah Soal 200 Nama Penceramah

Bisnisnews.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didesak segera menarik kembali 200 nama para mubaligh atau peceramah yang telah dirlisnya beberapa waktu lalu. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
INFRASTRUKTUR
Pemerintah Akan Genjot Pengembangan Potensi Wisata di Padang

Bisnisnews.id - Pemerintah mendorong, seluruh potensi pariwisata di Sumatera Barat atau padang harus dikembangkan, seiring perbaikan infrastruktur di kota itu dalam menunjang kelacaran logistik dan perekonomian masyarakat. Terkait . . .
Selengkapnya