Kamis, 19 Oktober 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

BUMBU DAPUR
Senin, 09 Januari 2017 11:14 WIB

Harga Cabai Rawit di Sejumlah Daerah Naik Hingga Rp 120 Ribu/Kg




Bisnisnews.id-Bagaimana rakyat kecil tidak menjerit, kalau setiap hari harga sayur-mayur dan sembako di sejumlah pasar tradisional terus naik. Bahkan di Kabupaten Tabanan Bali harga cabai rawit meroket alias pindah harga, dari sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram. 

Bahkan di Makassar Sulawesi Selatan, harga cabe rawit merah yang menjadi idola ibu-ibu rumah tangga sempat tembus ke angka Rp 120 ribu. Padahal sebelumnya,   tidak lebih dari Rp 30 ribu.

Harga cabai rawit naik merata, mulai dari Solo (Jawa Tengah), Tabanan (Bali), Malang (Jawa Timur), Palu (Sulawesi Tengah), termasuk juga di Papua serta Jakarta masih tinggi karena pasokan masih rendah.

Kantor Berita Antara menyebutkan, di Pasar Tradisional Kleco Solo, hari ini terpantau harga cabai rawit merah dijual Rp100 ribu per kilogram, sedang cabai merah besar harganya Rp30 ribu per kilogram dan harga rawit hijau Rp50 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya antara Rp 15 ribu sampai Rp20 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Pasar, Perdagangan dan Perindustrian Kota Surakarta Subagyo mengatakan akan melakukan koordinasi dengan daerah sentra produksi yang surplus cabai untuk memasok komoditas itu ke daerahnya guna menstabilkan harga.

Stok cabai di pasar menipis, dan harganya sangat tinggi. Kalau kondisi normal cabai rawit merah hanya dijual sekitar Rp25 ribu per kilogram hingga Rp30 ribu per kilogram.

Hingga saat ini belum ada langkah-langkah serius pemerintah untuk meringankan beban masyarakat keil terhadap kebutuhan dapur tesebut. Pihak Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, saat dihubungi mengaku sedang sibuk rapat. (Mal/Syam Sk)


Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
REFERENDUM CATALONIA
Spanyol Akan Tangguhkan Otonomi Catalonia

Bisnisnews.id - Spanyol akan mulai menangguhkan otonomi Catalonia mulai hari Sabtu, karena pemimpin wilayah tersebut mengancam untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Pemerintah mengatakan akan mengaktifkan Pasal 155 undang-undang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
SIMULASI
Gangguan Teroris di Kereta,  Berikut Penanganannya ....

Bisnisnews.id-Tangkal teoris di kereta api hari ini, Kamis (19/10/2017) disimulasikan, dengan melibatkan unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tujuannya, bila terjadi  gangguan, petugas sudah siap, terutama pengamanan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 19 Oktober 2017
Ini kata Jaya Suprana Soal Istilah "PRIBUMI" 

Bisnisnews.id-Soal istilah "pribumi" yang diucapkan satu kali dalam pidato Gubernur DKI Anies R Baswedan menurut seniman dan budayawan, pendiri Pusat Studi Kelirumologi dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan Jaya Suprana dalam Opininya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 19 Oktober 2017
KESELAMATAN PENERBANGAN
Insiden AirAsia Indonesia  Dikhawatirkan Memperburuk  Hasil Audit ICAO 

Bisnisnews.id-Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso khawatir, insiden yang dialami pesawat AirAsia Indonesia QZ-535 dalam penerbangan dari Australia ke Bali akan mempengaruhi penilaian tim audit . . .
Selengkapnya

 

Gaya Hidup  -  Kamis, 19 Oktober 2017
RATU DUNIA
Menuju  Miss World 2017

Bisnisnews.id-Miss Indonesia 2017, Achintya Nilsen siap-siap masuk karantia bersama 120 peserta dari negara lain selama empat pekan sebelum menjalani penilaian di malam puncak, Grand Final Miss World 2017 di Sanya Tiongkok, 18 . . .
Selengkapnya