Selasa, 22 Agustus 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home / Pedoman Media Cyber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan .advertorial., .iklan., .ads., .sponsored., atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.



 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
ASIAN GAMES
Bendera Indonesia Terbalik, Situs Web Malaysia Diserang

Bisnisnews.id - Peretas Indonesia mengklaim telah menyerang beberapa situs web Malaysia karena bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan acara olah raga regional. Kesalahan tersebut memicu kemarahan di Indonesia selama . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Agustus 2017
KECELAKAAN KAPAL
Kapal AS Tabrakan Dengan Kapal Tanker, 10 Awak Hilang

Bisnisnews.id - Kapal rudal USS John S. McCain yang rusak signifikan pada lambungnya merapat pada Senin 21 Agustus di pangkalan angkatan laut Singapura setelah tabrakan dengan kapal tanker minyak. Beberapa kapal dari beberapa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 21 Agustus 2017
KAMPANYE KESELAMATAN
Kerjasama Yang Baik Dapat Menurunkan Angka Kecelakaan

Bisnisnews.id-Persiapan yang baik akan mengurangi resiko kecelakaan, sehingga perlu ada kerjasama yang baik antara masyarakat dan instansi terkait lainnya. "Pelaksanaan Kampanye ini menunjukkan rasa tanggung jawab dan bentuk . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 21 Agustus 2017
IBADAH HAJI 2017
Satu Jamaah Calon Haji Palopo Meninggal Dunia

Bisnisnews.id-Abdul Ghani bin Abdul Hamid, jemaah calon haji Indonesia asal Sulawesi Tengah meninggal dunia di Mekkah Arab Saudi, Sabtu 19/8/3017 pukul 19.30 waktu setempat. Abdul Ghani Bin Abdul Hafid Tang (69) jamaah Kloter . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
BALAP SEPEDA
GPN 2017 Dapat Apresiasi Walikota Dan Masyarakat Palopo

Binisnews.id - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 diharapkan bisa membangkitkan semangat beroleharaga masyarakat Palopon, Sulawesi Selatan. Selain untuk kesehatan, melalui kegiatan ini masyarakat bisa meningkatkan rasa kebersamaan.GPN . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
SEA GAMES
Tambah Emas, Peringkat Indonesia Turun

Bisnisnews.id - Berhasil menambah medali emas melalui cabang olahraga panahan ternyata Indonesia tidak mampu mampu mempertahankan posisi di klasemen perolehan medali SEA Games XXIX/2017. Posisi Kontingen Garuda harus turun dilewati . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
SEA GAMES 2017
CDM Minta Lupakan Kasus Kesalahan Pemasangan Bendera RI

Bisnisnews.id - Chief de Mission SEA Games XXIX/2017, Aziz Syamsuddin meminta seluruh atlet fokus terhadap prestasi dan melupakan kasus kesalahan pemasangan bendera di buku panduan SEA Games XXIX Malaysia 2017. "Lupakan masalah . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
BALAP SEPEDA
GPN 2017 Pontianak Diikuti 3000 Penggowes

Bisnisnews.id - Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan RI ke 72, menambah semangat dan kemeriahan perhelatan  Pesona Nusantara (GPN) 2017 di kota Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (20/8/2017). GPN . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
SEA GAMES 2017
Kecurangan Wasit Paksa Tim Sepak Takraw Putri Menangis Dan WO

Binisnews.id - Timnas sepak takraw Indonesia putri memutuskan Walk Out (WO) akibat dicurangi wasit saat menghadapi tim tuan rumah Malaysia pada laga SEA Games 2017 di Indoor Stadium Titiwangsa, Kuala Lumpur, Minggu (20/8/2017). . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
SEA GAMES 2017
Bekuk Timor Leste, Indonesia Kehilangan Evan Dimas

Bisnisnews.id - Timnas Indonesia U-22 kembali meraih poin penuh usai mengalahkan Timor Leste, 1-0 pada laga penyisihan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selangor, Minggu (20/8/2017). Gol tunggal skuad . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
SEA GAMES 2017
Perunggu Lagi Dari Renang Indah Beregu

Bisnisnews.id - Tim beregu renang indah Indonesia berhasil memperoleh medali perunggu di nomor team free routine dalam ajang SEA Games 2017 di National Aquatic Centre, Minggu 20 Agustus 2017.Tim Indonesia yang ditangani pelatih . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Agustus 2017
BALAP SEPEDA
GPN 2017 Purwakarta Berlangsung Istimewa

Bisnisnews.id - Semangat HUT Kemerdekaan RI ke-72 terllihat mewarnai kegiatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang berlangsung di Lapang Sehate, Kota Purwakarta, Jawa Barat. Minggu (20/8/2017).Kegiatan ini menjadi sangat istimewa, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Agustus 2017
SEA GAMES 2017
Duet Anisa Dan Claudia Dulang Perunggu

Bisnisnews.id - Pasangan Indonesia, Anisa Feritrianti dan Claudia Megawati kembali mempersembahkan medali perunggu dari cabang renang indah nomor duet free routine yang berlangsung di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia.Anisa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Agustus 2017
SEA GAMES 2017
Diananda Tambah Emas Panahan

Bisnisnews.id - Pemanah putri Diananda Choirunisa membuat kejutan di ajang SEA Games XXIX/2017. Pemanah asal Jawa Timur yang semula tidak diunggulkan ini mampu merebut medali emas di nomor Recurve perorangan putri.Diananda mengalahkan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Agustus 2017
BALAP SEPEDA
Bupati Bogor Nurhayati Lepas Peserta GPN 2017

Bisnisnews.id - Perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 tiba di Kabupaten Bogor. Dalam kegiatan pagi ini, sebanyak 2000 pegowes tumpah ruah menggowes sepeda mereka.Gowes Pesona Nusantara yang nerupakan program unggulan dari . . .
Selengkapnya