Catat, ASDP Tidak Lagi Menerima Pembayaran Tunai, Ini Caranya
Senin, 05 Desember 2022, 21:46 WIB
BISNISNEWS.id - Para pengguna jasa penyeberangan diingatkan, untuk melewati penyeberangan ASDP, jangan lagi berpikir transaksi tunai.
ASDP telah sepenuhnya menerapkan transaksi non tunai (cashless), setidaknya, ditargetkan ada 17 pelabuhan penyeberangan rampung hingga akhir tahun ini.
Diantaranya, Pelabuhan Bira dan Pamatata (Selayar), Pelabuhan Jepara dan Karimunjawa (Jepara), Pelabuhan Batulicin dan Tanjung Serdang (Batulicin), serta Pelabuhan Bajoe dan Kolaka (Bajoe). Selanjutnya, Pelabuhan Sape dan Labuan Bajo (Sape), Pelabuhan Tanjung Kelian (Bangka), Pelabuhan Hunimua, Waipirit, Galala, dan Namlea (Ambon), Pelabuhan Pagimana (Luwuk), dan Pelabuhan Gorontalo (Gorontalo).
Baca Juga
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengatakan, untuk memperlancar transaksi para calon penumpang dipastikan telah membawa identitas diri, mengisi manifest saat membeli tiket, dan menyiapkan alat pembayaran baik transfer VA, kartu uang elektronik, dan Dompet Elektronik dengan saldo yang cukup.
Berikut langkah-langkah bagi pengguna jasa yang memilih opsi pembayaran payment link melalui Virtual Account dari Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Maybank, Permata, Danamon, dan Maspion :
1. Pengguna jasa menginformasikan bank pilihan kepada petugas loket.
2. Pengguna jasa menerima kode bayar (Virtual Account) yang diberikan oleh petugas loket.
3. Pengguna jasa melakukan pembayaran yang dapat dilakukan melalui mobile banking, internet banking, dan ATM.
Sementara, pengguna jasa yang memilih opsi pembayaran menggunakan Dompet Elektronik dari Ovo, ShopeePay, LinkAja, dan Dana, maka langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Pengguna jasa melakukan pengisian saldo dompet digital dan memastikan saldo cukup untuk digunakan.
2.Pengguna jasa menerima QR Code pembayaran dari petugas.
3.Pengguna jasa melakukan scan QR Code untuk mendapatkan link pembayaran dan melakukan pembayaran di aplikasi dompet digital. (*/Syam)