Indeks Kepuasan Penumpang Pesawat di Bandara AP II Menyentuh Angka Tertinggi
Sabtu, 21 Januari 2023, 10:35 WIB
BISNISNEWS.id - Indeks kepuasan penumpang pesawat di bandara Angkasa Pura II (AP II) selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menempati angka tertinggi, 4,60.
Angka kepuasan pelanggan itu diperoleh dari hasil survei di 20 bandara AP II sepanjang angkutan Nataru 2022/2023 (19 Desember 2022 - 3 Januari 2023) yang melibatkan 5.103 responden.
President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, angkutan Nataru 2022/2023 menjadi periode tersibuk sejak pandemi COVID-19, di mana lalu lintas penerbangan di bandara AP II pada Desember 2022 menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya pada tahun lalu.
" Ini sejalan dengan pemulihan penerbangan yang telah berjalan sejak awal 2022 serta kondisi pandemi yang semakin terkendali, dan didukung kesiapan AP II, maskapai serta stakeholder lainnya,” ujar Awaluddin.
Berikut rincian hasil survei yang dilakukan selama periode Nataru, meliputi, tempat duduk dan Musholla menjadi fasilitas yang disukai di peringkat ke-5 dengan indeks 4,67.
Bandara AP II memperhatikan kenyamanan penumpang pesawat dengan menyediakan tempat duduk terbaik di terminal. Misalnya, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tersedia sofa dan kursi khusus untuk beristirahat, serta kursi untuk bekerja di area coworking space.
Keberadaan musholla juga menjadi bagian penting di bandara AP II. Total musholla yang ada di 20 bandara AP II para periode Nataru 2022/2023 mencapai 150 musholla.
Responden menempatkan Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara berada di peringkat ke-4 terbaik dengan indeks 4,68.
Pada periode angkutan Nataru 2022/2023, AP II menghadirkan beragam event dan dekorasi tematik di terminal guna menyambut penumpang pesawat. Salah satu kegiatan aktivasi yang digelar adalah flash mob yang melibatkan para penumpang pesawat dan pengunjung di Bandara Soekarno-Hatta saat menyambut tahun baru 2023.
Demikian juga soal ketersediaan trolley berada di peringkat ke-3 sebagai fasilitas terfavorit dengan nilai indeks 4,69.
Total di 20 bandara, AP II menyiapkan sebanyak 11.786 trolley sehingga dapat dipastikan setiap penumpang pasti bisa menggunakan fasilitas trolley untuk membawa barang bawaan.
Dari sisi kebersihan, pada peringkat ke-2 dengan nilai indeks 4,70, responden menempatkan Kebersihan Terminal, Monitor Informasi dan Panggilan Penerbangan sebagai fasilitas terbaik.
Kebersihan Terminal menjadi salah satu fokus utama guna menjaga kenyamanan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II saat periode sibuk.
" Personel yang bertugas menjaga kebersihan di bandara-bandara AP II diperkuat oleh tenaga profesional berlisensi. AP II juga menjaga higienitas di terminal penumpang guna mencegah penyebaran COVID-19," ujar Director of Commercial & Service AP II M. Rizal Pahlevi.
Monitor Informasi seperti Flight Information Display System (FIDS) juga dipastikan tersedia di setiap terminal untuk memberikan informasi penerbangan.
FIDS juga didukung adanya layanan Panggilan Penerbangan untuk setiap penerbangan sehingga memastikan penumpang pesawat terinformasi terkait gate keberangkatan, waktu boarding, dan panggilan terakhir untuk boarding.
Pusat Informasi menjadi layanan yang paling dinilai bagus oleh responden dengan indeks (4.73).
Pada periode Nataru 2022/2023 AP II menyiagakan personel Customer Service di bandara sebanyak 189 orang, lalu personel Terminal Inspection Service sebanyak 238 orang, personel Digital Service sebanyak 69 orang dan personel Golf Car Assistant sebanyak 48 orang.
Adapun staf di Bandara Soekarno-Hatta juga berhasil masuk dalam daftar 10 besar Best Staff Airport in Asia versi Skytrax.
AP II juga memperkenalkan inovasi customer service secara virtual melalui video call.
Bandara Soekarno-Hatta dan Minangkabau (Padang) pun saat ini memiliki Tourism Activity Center sebagai pusat informasi bagi wisatawan.
Selain 9 fasilitas dan layanan tersebut, fasilitas dan layanan lain juga mendapat apresiasi dari penumpang pesawat antara lain: Fasilitas Parkir dan Sikap Personel Security (4,65); Kebersihan Toilet dan Nursery Room (4,64); Transportasi Umum (4,59) dan Kecepatan Bagasi (4,56).
(*/Syam)