AGSF, Bentuk Baru INASGOC Sosialisasikan Asian Games
Sabtu, 09 Desember 2017, 23:43 WIBBisnisnews.id - Demi menggairahkan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang serta mengajak kau muda terlibat, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menggelar Asian Games Sports Festival (AGSF).
Perhelatan ini merupakan bentuk baru sosialisasi pesta olahraga antarnegara Asia itu setelah countdown setahun menuju Asian Games, Agustus lalu. Jauh sebelumnya Komite Olahraga Indonesia (KOI) juga telah melakukan sosialisasi Asian Games 2018 di berbagai kota Indonesia.
"Setelah momen countdown setahun menuju Asian Games, Agustus lalu, kini masyarakat Jakarta dan Palembang, khususnya, perlu lebih digairahkan antusiasme dalam menyambut pesta olahraga bangsa Asia itu. Ajang Asian Games Sports Festival ini pas untuk mengajak sekaligus mensosialisasikan ke masyarakat agar mereka juga mengetahui bahwa negara atau kotanya menjadi penyelenggara, dan bisa mengajak para kaum muda untuk terlibat. Ini momen sejarah loh," ujar Ketua Pelaksana Asian Games, Erick Thohir, Sabtu (9/12/2017).
Kebanggaan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 Jakarta-Palembang harus mampu menggairahkan masyarakat Indonesia. Dengan menjadi penyelenggara pesta olahraga bangsa Asia, yang merupakan multi event terbesar kedua setelah Olimpiade, citra Indonesia secara keseluruhan, khususnya dua kota pelaksana, Jakarta dan Palembang, akan meningkat dan sejajar dengan kota-kota besar lain yang pernah menggelar Asian Games.
Demi lebih mengairahkan, sekaligus menebarkan semangat agar masyarakat di dua kota utama tersebut menyambut dan menjadi tuan rumah yang baik, Departemen Look of the Games, City Beautification, dan Activation Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menggelar Asian Games Sports Festival (AGSF) secara beruntung yang berlangsung dua hari di dua tempat berbeda.
AGSF identity Jakarta digelar, Sabtu (9/12/2017) yang terpusat di Musium Fatahillah, sedangkan AGSF identity Palembang berlangsung Minggu (10/12/2017) di depan Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Palembang.
Dalam AGSF itu digelar banyak booth yang mengundang partisipasi dan minat pengunjung. Mulai dari permainan games dalam virtual reality games, pameran alat dan aksi olahraga, kompetisi basket 3x3 yang merupakan disiplin baru dan akan dipertandingkan saat Games Time, serta pertunjukan musik. Untuk pentas di Jakarta, panggung penutup diisi penampilan grup musik, GIGI.
Acara ini melibatkan para sponsor Asian GAmes, mulai dari Telkom grup, BNI, Bank Mandiri, BRI, Pertamina, hingga sederet perusahaan swasta. Antara lain, Grab, Astra, Samsung Electronics Indonesia, Sinarmas, Indofood, SsangYong Information Communication Cooperations, Alfamart, Danone Aqua dan Pocari plus Soy Joy yang pada Rabu (6/12/2017) kemarin menandatangani kerjasama dengan IMNASGOC di Kantor Wakil Presiden, Jakarta dan disaksikan Wapres RI, Jusuf Kalla.
"Hype masyarakat di Indonesia, terlebih di Jakarta dan Palembang harus terus dijaga agar antusiasme mereka terhadap Asian Games terus meningkat. Melalui Asian Games Sports Festival ini, kalangan muda semakin tahu bahwa kotanya akan ada pesta olahraga bangsa Asia, lalu mereka ikut menyambut, bahkan berperan di dalamnya. Baik sebagai volunter, fans, dan penikmat tontonan olahraga," ungkap Ade Lukman Direktur Look of the Games, City Beautification, dan Activation INASGOC.
Keinginan untuk melibatkan partisipasi aktif kalangan muda dalam skala besar ini penting. Indikasi itu terlihat saat pembukaan website penerimaan volunter, September lalu. Sejak situs penerimaan dibuka, waktu tiga minggu sudah mendaftar 20 ribu calon. Selain itu, pada Asian Games ke 18 yang akan berlanmgsung 18 Agustus - 2 September 2018 juga mempertandingkan cabang-cabang yang bakal didominasi atlet-atlet muda, berusia 18-22 tahun seperti sports climbing, roller sports, basket 3x3, dan jetski. (Gungde Ariwangsa)