Kemenhub Luncurkan Tiga Aplikasi Layanan
Senin, 05 Maret 2018, 11:23 WIBBisnisnews.id - Kementerian Perhubungan luncurkan tiga sistem aplikasi layanan online. Yakni, Sistem Perijinan Online Angkutan dan Multimoda (SPIONAM), E-Tilang dan E-Ticketing.
Sistem aplikasi SPIONAM ini memberikan kemudahan bagi operator angkutan dalam melakukan pengurusan perijinan di bidang Angkutan dan Multimoda. Operator angkutan tidak harus hadir di kantor pelayanan Kementerian Perhubungan namun cukup membuka aplikasi secara online melalui website : http://spionam.dephub.go.id
Aplikasi SPIONAM Meliputi:
a. Ijin Standar Pelayanan Minimal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;
b. Ijin Pengoperasian Kapal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;
c. Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek, meliputi pelayanan :
1) AKAP, 2) Ijin Penyelenggaraan Angkutan ALBN.
d. Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek, meliputi pelayanan :
1) Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang untuk keperluan Pariwisata, Angkutan Charter dan Angkutan Sewa Umum; dan 2) Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan menggunakan Taksi, Angkutan Antar Jemput, Angkutan Permukiman; Angkutan Karyawan, Angkutan Sewa Khusus yang wilayahnya melebihi 1 (satu) Provinsi, selain wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bogor (Jabodetabek);
e. Izin Penyelenggaraan Angkutan Barang Khusus, meliputi pelayanan :
1) Ijin penyelenggaraan Angkutan Barang Berbahaya dan Beracun;
2) Ijin Penyelenggaraan Angkutan Alat Berat.
Peluncuran layanan online yangn berlangsung pada hari Minggu (4/3/2018) oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, juga diluncurkanAplikasi E-Tilang dan E-Ticketing. Yaitu, aplikasi berbasis sistem Android yang akan mempermudah masyarakat dalam mengurus pelanggaran tilang tanpa perlu pergi ke pengadilan untuk mengikuti sidang dengan melakukan pembayaran di bank atau m-banking.
Aplikasi ini bekerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam implementasi E-Tilang Perhubungan melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bank BRI dengan Kemenhub tentang penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan di lingkungan Kemenhub.
Sedangkan aplikasi E-Ticketing yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bidang transportasi darat terhadap berbagai kemudahan pelayanan bagi masyarakat pengguna jasa transportasi darat dalam memperoleh tiket perjalanan.
Saat ini penumpang angkutan darat dapat memperoleh tiket dengan mudah dengan aplikasi E-Ticketing melalui beberapa mitra diantaranya Bank Mandiri, DPP Organda (DOKU, Alfamart, bosbis.com).
(Syam S)