Jasa Marga Juara 1 dengan Predikat 'Exceptional' dalam Ajang CCSEA 2025
Rabu, 26 Februari 2025, 12:45 WIB
BISNISNEWS.id - , PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) meraih peringkat pertama Exceptional pada Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2025. Untuk kategori Contact Center Public Service .e
Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh CEO Carre Center of Customer Satisfication and Loyality (Carre CCSL), Yuliana Agung, kepada Direktur Utama PT JMTO, Yoga Tri Anggoro, Rabu (19/2) di Bali,
Direktur Utama PT JMTO Yoga Tri Anggoro menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata konsistensi Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol di seluruh Indonesia.
“Pencapaian ini adalah buah dari kerja keras tim JMTC yang terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan layanan yang responsif, profesional, dan berbasis teknologi. Kami tidak akan berhenti di sini, komitmen untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan tol tetap menjadi prioritas utama Jasa Marga,” tegas Yoga.
Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemanfaatan teknologi mutakhir dan pengembangan kapasitas SDM.
“Kami tidak hanya berinvestasi pada teknologi canggih, tetapi juga membangun sumber daya manusia yang sigap, solutif, dan berorientasi pada pelanggan. Ke depan, inovasi layanan akan terus kami tingkatkan,” tambahnya.
CEO Frontier & Founder Top Brand Award Handi Irawan, dalam kesempatan yang sama, menyoroti peran kritis kecerdasan buatan _Artificial Intelligence_ (AI) dalam transformasi layanan contact center.
“Integrasi AI memungkinkan perusahaan merespons kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efisien, dan personal. Teknologi ini bukan hanya meningkatkan akurasi, tetapi juga membuka pintu bagi interaksi yang lebih manusiawi dan solutif,” ujar Handi.
CCSEA 2025 menilai kinerja contact center melalui audit menyeluruh selama tahun 2024, mencakup tiga aspek utama: Access, System & Procedure_, dan _People_. JMTC berhasil meraih skor 93,97 pada kategori _Contact Center Public Service_, jauh melampaui indeks industri dan menyandang predikat tertinggi, _“Exceptional”_.
Sejak dioperasikan pada 2021, JMTC telah menerapkan _Intelligent Transportation System_ sebagai pusat kendali jalan tol di seluruh ruas Jasa Marga Group dan menjadi tulang punggung layanan informasi dan bantuan bagi pengguna jalan tol. Sepanjang 2024, pusat layanan ini menangani 184.842 panggilan atau rata-rata 519 panggilan per hari melalui nomor 14080, dengan mayoritas permintaan terkait bantuan darurat. Di momen _peak season_ seperti Lebaran dan Natal dan Tahun Baru, JMTC bahkan mampu mengelola hingga 3.522 panggilan per hari.
Tidak hanya melalui telepon, JMTC juga memanfaatkan kanal digital untuk menyebarkan informasi _real-time_ seperti kepadatan lalu lintas, rekayasa lalu lintas, dan informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group via aplikasi Travoy, akun media sosial X (@PTJASAMARGA), dan _Dynamic Message Sign_ (DMS) di titik strategis jalan tol. (*/syam)